Dicap Kontroversial, Wasit Senior Ini Pimpin Laga Persija vs Persib

Dicap Kontroversial, Wasit Senior Ini Pimpin Laga Persija vs Persib Pertandingan Persib vs Persija pada putaran pertama Liga 1 2022/2023. (Adam Husein/Republik Bobotoh)

REPUBLIK BOBOTOH - PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) merilis daftar perangkat pertandingan laga Persija vs Persib yang digelar di Stadion Patriot Candrabhaga, Jumat 31 Maret 2023, pukul 20.30 WIB.

Salah satu wasit senior yaitu Iwan Sukoco dipercaya untuk menjadi pengadil di laga sarat gengsi tersebut.

Dalam tugasnya, Iwan Sukoco akan dibantu Azizul Alimmudin Hanafiah selaku asisten wasit 1 dan Agus Prima Aspa sebagai asisten wasit 2.

Baca Juga : Reaksi Luis Milla Usai Indonesia Batal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2023

Sementara untuk wasit tambahan 1 dan 2 dipercayakan kepada Ari santoso dan Dalail.


Yuk gabung channel whatsapp REPUBLIKBOBOTOH.COM untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Persib, Bobotoh, Liga 1, dan ragam berita menarik lainnya seputar Bandung Raya. Klik di sini (JOIN)


Untuk wasit cadangan dan pengawas pertandingan ditugaskan kepada Sulaiman Simatupang dan Andik Satriya.

Sekilas Tentang Iwan Sukoco

Iwan Sukoco merupakan salah satu wasit senior di Indonesia yang berkarir sejak 2009 silam.

Selain sebagai wasit, Iwan Sukoco juga merupakan seorang anggota TNI. Ia juga sempat dinobatkan sebagai wasit terbaik pada ISL 2013/2014.

Terlepas dari prestasi yang diraihnya sebagai pengadil lapangan hijau, sosok Iwan Sukoco ini dilebeli penuh kontroversi.

Label tersebut disematkan kepada Iwan Sukoco sejak beberapa tahun ke belakang.

Sriwijaya FC pernah meminta PSSI membebastugaskan Iwan Sukoco pada tahun 2016 silam.

Persib Bandung juga pernah menjadi korban kontoversi Iwan Sukoco saat menghadapi Pelita Bandung Raya di Piala Presiden 2015 silam.

Bahkan menurut catatan tribunnews.com, Pelatih Persisam Samarinda saat itu yakni Sartono Anwar pernah menyebut Iwan Sukoco sebagai 'wasit mafia'

Pada tahun 2014, Iwan Sukoco pernah mendapat peringatan keras dari PSSI. Tahun 2016, Iwan Sukoco pernah dibebastugaskan dari turnamen Piala Jenderal Sudirman usai memimpin laga Persija vs Sriwijaya FC.

Dalam laporan lainnya, Iwan Sukoco pernah dinilai melakukan keputusan kontroversial dan tidak netral saat memimpin laga Persiraja vs PSIS pada Liga 1 2021/2022.

Baca Juga : Bupati Bandung Kecewa Piala Dunia U-20 2023 Batal Digelar di Indonesia, Tapi...

Yang terbaru, kinerja Iwan Sukoco sebagai wasit disorot oleh Manajemen Dewa United saat menghadapi PSIS Semarang.

Terlepas dari banyaknya kontroversi yang dilakukan Iwan Sukoco, wasit asal Malang tersebut sudah memimpin 11 pertandingan Liga 1 dengan 53 kartu kuning, 1 kartu merah tidak langsung, 1 kartu merah langsung, dan 6 penalti.**

TONTON VIDEONYA DI YOUTUBE RBCOM TV

Follow Berita Republik Bobotoh di Google News

Penulis: Helmi MP | Editor: Helmi M Permana

Piksi

Berita Terkini

Resmi! Persib Datangkan Adam Alis