Peru Mundur sebagai Tuan Rumah Piala Dunia U-17, Indonesia Siap Menggantikan?

Peru Mundur sebagai Tuan Rumah Piala Dunia U-17, Indonesia Siap Menggantikan? Ilustrasi Sepak Bola. (Michal Jarmoluk/Pixabay)

REPUBLIK BOBOTOH - Peru memutuskan mengundurkan diri sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 tahun 2023. Kepastian itu diumumkan FIFA pada Senin 3 April 2023.

Dalam rilis media yang disampaikan FIFA di laman resminya, otoritas sepak bola dunia itu, menyesalkan keputusan Peru mundur sebagai tuan rumah.

"FIFA dengan menyesal telah mencabut hak tuan rumah Peru untuk FIFA U-17 World Cup 2023 setelah diskusi ekstensif antara FIFA dan Federasi Sepak Bola Peru (FPF)," bunyi pernyataan FIFA.

"Turnamen tetap dijadwalkan berlangsung dari 10 November hingga 2 Desember 2023, tetapi Biro Dewan FIFA sekarang akan menunjuk tuan rumah baru pada waktunya."

FIFA menjelaskan mundurnya Peru sebagai tuan rumah karena pemerintah dan fedederasi sepak bola Peru tidak mampu memenuhi komitmen untuk melengkapi infrastruktur yang dibutuhkan.


Yuk gabung channel whatsapp REPUBLIKBOBOTOH.COM untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Persib, Bobotoh, Liga 1, dan ragam berita menarik lainnya seputar Bandung Raya. Klik di sini (JOIN)


Baca Juga : Setelah PSM Juara Liga 1, Suporter Tagih Janji Stadion Mattoanging yang Baru

"Langkah itu dilakukan mengingat ketidakmampuan negara tuan rumah memenuhi komitmennya untuk melengkapi infrastruktur yang dibutuhkan untuk menggelar turnamen." tulis FIFA.

"Meskipun hubungan kerja yang sangat positif antara FIFA dan FPF, telah ditentukan bahwa sekarang tidak ada cukup waktu untuk mengamankan investasi yang diperlukan dan menyelesaikan pekerjaan yang diperlukan dengan pemerintah Peru sebelum tanggal dimulainya turnamen."

Mundurnya Peru sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 2023, memunculkan spekulasi Indonesia bakal mengambil kesempatan sebagai tuan rumah pengganti.

Sebelumnya publik sepak bola nasional dibuat kecewa setelah FIFA memutuskan mencabut status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 tahun 2023.

Baca Juga : Persib Dapat Dukungan dari Mantan Jelang Lawan Persis, Ini Permintaannya

Sejauh ini, belum ada pernyataan resmi dari Pemerintah RI maupun PSSI apakah akan mengambil peluang untuk mengajukan diri sebagi tuan rumah Piala Dunia U-17 tahun 2023 atau tidak.

Meski bisa saja dilakukan, tetapi kegagalan Indonesia jadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 telah menciptakan citra buruk bagi Indonesia.

FIFA sendiri sampai sekarang tak pernah menjelaskan secara detail alasan mencabut status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20.

Tetapi spekulasi yang berkembang karena terkait isu penolakan terhadap timnas Israel hingga kecurigaan Indonesia memang tidak siap dalam banyak hal untuk menggelar turnamen dua tahunan itu.**

TONTON VIDEONYA DI YOUTUBE RBCOM TV

Follow Berita Republik Bobotoh di Google News

Penulis: Taufik | Editor: M Taufik

Piksi

Berita Terkini