VAR Akan Digunakan di Liga 1 2023-2024, LIB Bentuk Departemen Khusus

VAR Akan Digunakan di Liga 1 2023-2024, LIB Bentuk Departemen Khusus Ilustrasi VAR. (fifa.com)

REPUBLIK BOBOTOH - Langkah besar diambil PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) yang akan memakai teknologi video assistant referee (VAR) di kompetisi Liga 1 musim 2022-2023.

Penggunaan VAR untuk membantu kinerja wasit rencananya akan mulai dilakukan pada putaran kedua Liga 1 2023-2024 pada awal tahun 2024.

Seperti dikutip dari media rilis di laman resmi PT LIB pada Senin 15 Mei 2023, operator kompetisi sepak bola profesional di Indonesia tersebut menyatakan telah jauh hari mempersiapkannya.

Baca Juga : Format Kompetisi Liga 1 Musim 2023-2024 Dipastikan Berubah, Seperti Ini Gambarannya

Bahkan, PT LIB telah membentuk departemen khusus yang bekerja untuk mengimplementasikan VAR di kompetisi Liga 1 2022-2023.


Yuk gabung channel whatsapp REPUBLIKBOBOTOH.COM untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Persib, Bobotoh, Liga 1, dan ragam berita menarik lainnya seputar Bandung Raya. Klik di sini (JOIN)


"Terkait VAR, sebagai langkah konkret pada peningkatan kualitas kompetisi, LIB membentuk departemen VAR yang telah memulai bekerja dalam langkah awal proses implemetasi penerapan VAR di kompetisi Liga 1 2023/24 sesuai panduan dari FIFA." tulis laman resmi PT LIB.

Penggunaan VAR di Liga Indonesia diharapkan bisa lebih membantu kinerja wasit yang selama ini kerap jadi sorotan karena sering mengambil keputusan yang memicu kontroversi.

Baca Juga : Begini Cara Pemain Muda Persib Jaga Fisik, Mental, dan Pikiran Selama Libur

Untuk mendukung implementasi VAR di setiap stadion yang rencananya mulai disimulasikan dan diterapkan pada putaran kedua pada awal tahun 2024, maka LIB memohon dukungan klub untuk mempersiapkan beberapa hal, di antaranya:

a) Menaikkan kekuatan pencahayaan stadion menjadi minimal 1200 Lux.

b) Secara progresif, mulai memperbaharui teknologi pencahayaan dengan penggunaan lampu jenis LED.

c) Menggunakan LED Board dalam implemetasi komersial di perimeter stadion.**

Follow Berita Republik Bobotoh di Google News

Penulis: Taufik | Editor: M Taufik

Piksi

Berita Terkini