Kata Roni Wabia Usai Indonesia Menyabet Medali Emas SEA Games 2023

Kata Roni Wabia Usai Indonesia Menyabet Medali Emas SEA Games 2023

REPUBLIK BOBOTOH - Mantan pemain Timnas Indonesia era 1996-1997, Roni Wabia turut buka suara usai Indonesia menyabet medali emas SEA Games 2023 di Kamboja.

Indonesia U-22 berhasil menaklukan Thailand 5-2 (2-2) melalui babak perpanjangan waktu pada laga yang berlangsung di Olympic Stadium, Phnom Phen, Kamboja, Selasa 16 Mei 2023 lalu.

Roni Wabia mengaku bangga karena Indonesia mampu mengakhiri puasa 32 tahun medali emas sepak bola di SEA Games.

Baca Juga : Termasuk Dua Waktu Kick Off, Ini Pemaparan PT LIB kepada Kepolisian Soal Liga 1 2023/2024

"Sebagai mantan pemain Timnas saya bangga bahwa perjalanan Timnas dari 1997 di Asian Games saya salah satu pelaku, ada di situ, dan partai final terus berhadapan dengan tim Thailand," kenang Roni Wabia.


Yuk gabung channel whatsapp REPUBLIKBOBOTOH.COM untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Persib, Bobotoh, Liga 1, dan ragam berita menarik lainnya seputar Bandung Raya. Klik di sini (JOIN)


Pemain Timnas Indonesia di Piala Asia 1996 dan Kualifikasi Piala Dunia 1997 ini mengatakan, pencapaian Indonesia dalam meraih medali emas merupakan bukti dari kinerja PSSI.

"Itu perjalanan panjang, kalau sekarang mereka juara kita harus hormat, karena manajemen PSSI sudah bagus, untuk mencapai prestasi bukan hanya materi pemain, tetapi manajemen harus bagus," ujarnya.

Roni Wabia pun berpesan kepada PSSI untuk terus melakukan pembenahan manajemen sepak bola dan mempertahankan yang sudah baik.

Manajemen sepak bola yang baik, kata Roni Wabia, sangat berpengaruh pada perkembangan pemain timnas saat ini.

Ia juga berpesan, jika ingin berbicara prestasi sepak bola di kancah internasional maka kepentingan politik dan ego sektoral harus ditinggalkan.

"Sekali lagi sebagai mantan pemain timnas saya hormat kepada adik-adik, mereka mencapai juara satu dan medali emas luar biasa, dan itu didukung seluruh masyarakat Indonesia," lanjut pria yang kini menjabat sebagai Kepala Cabang Bank Papua, Provinsi Papua Barat.

Baca Juga : Target Beckham Putra setelah Bawa Timnas Indonesia U-22 Raih Emas SEA Games 2023

Selain itu, dirinya juga mengharapkan agar pembinaan sepakbola di daerah rutin dilakukan, sehingga tumbuh generasi sepakbola yang akan cemerlang di masa yang akan datang.

"Kita tahu bersama tanah Papua adalah gudangnya pemain berbakat, namun dengan minimnya kompetisi dan pembinaan maka bakat tersebut akan sia-sia," tandas Roni Wabia.**

TONTON VIDEONYA DI YOUTUBE RBCOM TV

Follow Berita Republik Bobotoh di Google News

Penulis: Helmi MP | Editor: Helmi M Permana

Piksi

Berita Terkini