Persib Ambil Langkah Besar Bersama Mitra dan Bobotoh

Persib Ambil Langkah Besar Bersama Mitra dan Bobotoh Direktur Komersial PT Persib Bandung Bermartabat, Gabriella Witdarmono. (MO Persib)

REPUBLIK BOBOTOH - Sepak terjang klub sepak bola di sebuah kompetisi tak lepas dari dukungan fans dan mitra. Persib, di bawah naungan PT Persib Bandung Bermartabat, pun melakukan berbagai jurus jitu untuk berkolaborasi dengan Bobotoh dan mitranya.

Salah satunya berkontribusi menciptakan iklim sepak bola yang positif di dalam negeri dengan menggelar diskusi Ngariung bersama Persib: Marketing Community in Football Industry.

Bertempat di MYTEN Coffee and Eatery, Senayan Park, Jakarta Pusat, Kamis, 22 Juni 2023, Persib mengajak kalangan profesional dari berbagai brand untuk berbincang-bincang secara hangat seputar sepak bola dan berbagai aktivasi di sebuah klub.

Direktur Komersial PT Persib Bandung Bermartabat, Gabriella Witdarmono mengatakan, sepak bola Indonesia sudah semakin berkembang. Perkembangan ini tidak hanya soal persaingan, tetapi juga tentang pertumbuhan klub bersama mitra.

Baca Juga : Luis Milla Ungkap Tujuan Persib di Uji Tanding Kontra PSS Sleman


Yuk gabung channel whatsapp REPUBLIKBOBOTOH.COM untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Persib, Bobotoh, Liga 1, dan ragam berita menarik lainnya seputar Bandung Raya. Klik di sini (JOIN)


Hal itu. katanya, terbukti dengan adanya kerja sama yang terjalin antara mitra dan Persib dalam jangka waktu yang lama karena kedua belah pihak sama-sama mendapat keuntungan.

“Dulu, sepak bola itu 90 menit dengan fandom. Selama itu juga dan sponsor memasang logonya di jersey. Sekarang, sepak bola sudah berbeda dengan banyak aktivitas kami buat di luar lapangan. Fandom sepak bola sudah tidak 90 menit, tapi selama 365 hari dan 24 jam,” katanya.

Gabby -sapaan akrabnya- menerangkan, Persib menyiapkan empat langkah besar yang bisa dilakukan bersama mitra, yaitu pemasangan logo di jersey, pemanfaatan sejumlah media untuk kampanye dan aktivasi, memaksimalkan fungsi sosial media dan meningkatkan customer experience.

“Sponsorship itu seperti pasang logo dan see you next time. Sedangkan partnership (kemitraan) di Persib, kita duduk bersama (dengan mitra) membuat program, untuk tidak hanya meningkatkan penjualan tapi lebih dari itu menciptakan pengaruh yang berlanjut dalam waktu lama,” ungkapnya.

Menciptakan pengaruh menjadi salah satu kekuatan klub sepak bola. Hal itu diungkapkan Minutes of Manager Initiator, Fanbul Prabowo yang hadir sebagai pembicara dalam kegiatan ini.

Baca Juga : 4 Pemain Sudah Gabung Latihan Persib, Begini Komentar Luis Milla

“Sponsorship di klub sepak bola tidak hanya logo placement, tapi menurutku, bisa lebih besar dari itu. sepak bola di Indonesia adalah salah satu alat yang bisa digunakan untuk merangkul seluruh akses ekonomi,” katanya.

Setelah pemaparan, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Salah satu peserta bernama Rasyif mempertanyakan perihal rivalitas antar suporter klub sepak bola di Indonesia yang dianggap cukup tajam dan bisa berpengaruh terhadap brand mitra.

Dengan tegas, Gabby mengatakan, rivalitas tersebut terbukti tidak memberikan pengaruh terhadap penjualan.

“Suporter memiliki keinginan yang lebih untuk membeli produk dari brand yang bekerja sama dengan klub yang dia dukung, tapi tidak pernah ada bukti yang menunjukkan bahwa seorang suporter tidak membeli sebuah produk karena produk tersebut merupakan mitra dari klub lawan,” terangnya.**

TONTON VIDEONYA DI YOUTUBE RBCOM TV

Follow Berita Republik Bobotoh di Google News

Penulis: Raffy Faraz | Editor: M Taufik

Piksi

Berita Terkini