Umuh 'Menjerit' Minta VAR, LIB Baru Lakukan Edukasi untuk Wasit

Umuh 'Menjerit' Minta VAR, LIB Baru Lakukan Edukasi untuk Wasit Ilustrasi wasit. (Alex Fox/Pixabay)

REPUBLIK BOBOTOH - Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat, Umuh Muchtar menilai kompetisi Liga 1 2023/2024 sudah sepatutnya dilengkapi teknologi Video Assistant Referee (VAR).

Menurut Umuh Muchtar kinerja wasit bisa lebih baik tak seperti yang terjadi saat Persib Bandung kontra Arema FC.

Kala itu wasit yang memimpi adalah Aidil Azmi dan Umuh Muchtar menilai dia mengambil keputusan yang kerap menguntungkan tim tuan rumah.


Yuk gabung channel whatsapp REPUBLIKBOBOTOH.COM untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Persib, Bobotoh, Liga 1, dan ragam berita menarik lainnya seputar Bandung Raya. Klik di sini (JOIN)


Baca Juga: Tyronne del Pino Segera Angkat Koper Dari Persib Bandung?

"Menurut saya untuk Pak Erick (Ketua umum PSSI) mampu lah liga ini menggunakan VAR, tolong lah gunakan VAR saja, ini demi kebaikan semua," tutur Umuh.

Sementara itu Liga Indonesia Baru (LIB) baru saja melaksanakan VAR Education untuk wasit di Jakarta pada 5-7 Juli 2023.

Kegiatan VAR Education diikuti 42 wasit yang terdiri dari 18 wasit yang akan bertugas di Liga 1 2023/24 dan 24 wasit yang nantinya akan bertugas di Liga 2 2023.

Baca Juga: Belum Sempat Debut Mantan Pemain Persib Bandung Berpisah dengan Tim Barunya

Direktur Operasional LIB sekaligus VAR Project Leader, Asep Saputra menyebut VAR Education untuk wasit merupakan bagian dari proses menuju diterapkannya teknologi VAR di kompetisi Liga 1 2023/24.

Menurutnya, banyak hal yang harus dipahami dan diperhatikan oleh sang pengadil lapangan.

“Pada prinsipnya kami berharap semua wasit punya pemahaman yang sama tentang penggunaan VAR sehingga akan berdampak pada kualitas pertandingan. Kami menyadari itu butuh proses yang lama dan sangat detail. Kami berharap enam bulan ke depan, semua wasit sudah memahai dan siap untuk diterapkannya VAR. Perlu diketahui, bagi wasit, ini adalah VAR Education yang pertama. Masih ada pertemuan berikutnya,” pungkasnya.**

TONTON VIDEONYA DI YOUTUBE RBCOM TV

Follow Berita Republik Bobotoh di Google News

Penulis: Teguh Noer | Editor: Teguh Nurtanto

Piksi

Berita Terkini