Sabet Juara Umum IMAG 2023, Jawa Barat Serius Tatap PON XXI

Sabet Juara Umum IMAG 2023, Jawa Barat Serius Tatap PON XXI (Raffy Faraz/Republik Bobotoh)

REPUBLIK BOBOTOH - Provinsi Jawa Barat berhasil menjadi juara umun gelaran Indonesia Martial Art Games (IMAG) 2023 sekaligus babak kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (BK PON) XXI Aceh-Sumut Tahun 2024. Hasil ini menjadi bukti keseriusan provinsi Jawa Barat untuk menjaga regenerasi para atlet.

Ajang IMAG 2023 merupakan Pekan Bela Diri Nasional Indonesia yang juga merupakan salah satu agenda kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 Aceh-Sumut yang digelar di Kota Bekasi dan Kota Bogor. Pada tahun pertama penyelenggaraannya, IMAG mempertandingkan sembilan cabor bela diri di Kota Bekasi dan Kota Bogor selaku tuan rumah bersama.

Ketua Umum KONI Jawa Barat, M. Budiana menerangkan torehan ini semakin memperkuat persiapan pembinaan prestasi bagi para atlet yang akan berlaga di PON XXI Sumatera Utara dan Aceh. Sehingga, ajang itu dapat memantapkan persiapan beberapa atlet baru dalam menatap gelaran PON.

Baca Juga : Susunan Pemain Persib Dalam Laga Kontra Madura United Malam Ini

"Ini semakin memperkokoh persiapan pembinaan prestasi atlet atlet PON ke XXI Jawa Barat dalam menghadapi PON tahun depan di Aceh dan Sumut. Khusus penyelenggaraan IMAG itu yang sangat menarik adalah kemunculan atlet atlet baru," kata Budiana kepada awak media di Kantor KONI Jawa Barat pada Rabu, 1 November 2023.


Yuk gabung channel whatsapp REPUBLIKBOBOTOH.COM untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Persib, Bobotoh, Liga 1, dan ragam berita menarik lainnya seputar Bandung Raya. Klik di sini (JOIN)


"Itu artinya bahwa fenomena hilangnya kekuatan atlet unggulan sejumlah 30% pasca PON XX Papua, hari ini itu sudah tertutup dengan munculnya atlet atlet baru yang sangat menjanjikan di seluruh cabang olahraga," ujarnya.

Raihan ini juga merupakan bukti keseriusan para atlet dalam menatap PON di tahun depan. Pasalnya di ajang pemanasan ini, para atlet tetap berkonsentrasi penuh dalam meski belum melangkah ke ajang yang sebenarnya dan tentunya akan meningkatkan kepercayaan diri para atlet dalam menyambut ajang bergengsi 4 tahun tersebut.

"Saya rasa atlet Jawa Barat juga sudah berusaha maksimal karena saya sendiri saat melepas atlet atlet yang akan berlaga di BK PON itu selalu mengingatkan agar tidak menganggap sepele. Tetap saja memposisiskannya secara serius. Saya lihat ada respon positif dan linier debgan pernyataan saya. Artinya pernyataan itu dipatuhi lah oleh cabor dan hasilnya kita lihat sekarang," tambah Budiana.

Baca Juga : Setelah Persib Lepas Eriyanto, Bobotoh Tanyakan Nasib Tyronne del Pino

Perlu diketahui, pada IMAG 2023 Provinsi Jawa Barat keluar sebagai juara umum dengan 53 emas, 21 perak dan 29 perunggu. Peringkat kedua ditempati DKI Jakarta dengan 43 emas, 27 perak dan 25 perunggu. Lalu Jawa Timur di peringkat ketiga dengan 35 emas, 25 perak dan 27 perunggu.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Jawa Barat, Asep Kusmana memastikan pemerintah provinsi Jawa Barat akan selalu mendukung insan olahraga di Jawa Barat, termasuk di ajang IMAG 2023. Asep optimis, pencapaian tersebut bisa dipertahankan dalam meraih prestasi di PON XXI.

"Jadi pada prinsipnya dari Pemprov Jabar mendukung penuh provinsi Jawa Barat untuk jadi juara umum di PON ketiga kali. Kemudian yang kedua kami sudah diskusi panjang denhan KONI tentang berbagai hal yang berkaitan dengan kebutuhan kebutuhan baik itu untuk atlet, sarana dan prasarana, dan lainnya," tutupnya.**

TONTON VIDEONYA DI YOUTUBE RBCOM TV

Follow Berita Republik Bobotoh di Google News

Penulis: Raffy Faraz | Editor: Daddy

Piksi

Berita Terkini