Bek Klub Italia Jebolan PSV Resmi Jadi WNI

Bek Klub Italia Jebolan PSV Resmi Jadi WNI Jay Noah Idzes. (PSSI)

REPUBLIK BOBOTOH - Jay Noah Idzes, bek jangkung yang membela klub Serie B Liga Italia, resmi menyandang status sebagai Warga Negara Indonesia (WNI).

Pemain kelahiran Mieiro, Belanda, 2 Juni 2000 itu, menyandang status WNI setelah selesai melakukan pengambilan sumpah dan janji setia pewarganegaraan Republik Indonesia di Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta pada Kamis 28 Desember 2023.

Proses naturalisasi Jay Idzes terbilang cukup singkat. Pada awal Desember 2023, Komisi III dan X DPR RI menyetujui pengajuan naturalisasinya. Sehari berselang Paripurna DPR mengetuk palu persetujuan.

Baca Juga : Marc Klok: Keluarga Saya tidak Senang

"Perasaan saya senang, tentu saja. Akhirnya saya bisa menyelesaikan prosesnya dengan baik dan menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Ini adalah hari yang luar biasa dan saya dalam kondisi baik," kata Jay Idzes dikutip dari laman PSSI, Kamis 28 Desember 2023.


Yuk gabung channel whatsapp REPUBLIKBOBOTOH.COM untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Persib, Bobotoh, Liga 1, dan ragam berita menarik lainnya seputar Bandung Raya. Klik di sini (JOIN)


"Saya ingin berterima kasih kepada Ketum PSSI Bapak Erick Thohir juga pemerintah Indonesia. Saya siap memberikan segalanya untuk negara ini. Saya sudah tidak sabar ingin bergabung dengan tim dan bermain untuk Indonesia," ujarnya.

Setelah menjalani pengambilan sumpah dan janji setia pewarganegaraan Republik Indonesia di Kanwil Kemenkumham, Jay Idzes langsung menuju kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil serta kantor Imigrasi untuk mengurus KTP dan paspor.

Baca Juga : 5 Pemain Paling 'Galak' hingga Pekan 23 Liga 1 2023-2024, Salah Satunya Eks Persib

Jay Idzes memiliki darah Indonesia dari kakek dan neneknya. Kemampuannya bermain sepak bola sempat digembleng salah satu klub raksasa Belanda, PSV Eindhoven.

Tetapi Jay Idzes memulai karier profesional bersama klub tetangga, FC Eindhoven pada 2018, lalu pindah ke GO Ahed Eagles pada 2020 dan pada Juni 2023, dia menerima tawaran dari klub Italia, Venezia FC.

Sebelum Idzes, PSSI telah merampungkan naturalisasi empat pemain keturunan Eropa lainnya, yakni Jordi Amat, Sandy Walsh, Shayne Pattynama, Ivar Jenner, Rafael Struick dan yang terakhir adalah Justin Hubner. Mereka semua yang sudah menjadi WNI, kini sudah bersama tim nasional Indonesia yang sedang melakukan TC di Turki.**

TONTON VIDEONYA DI YOUTUBE RBCOM TV

Follow Berita Republik Bobotoh di Google News

Penulis: Tim Republik Bobotoh | Editor: Daddy

Piksi

Berita Terkini