Skenario Timnas Indonesia Lolos ke 16 Besar Piala Asia 2023

Skenario Timnas Indonesia Lolos ke 16 Besar Piala Asia 2023 Selebrasi para pemain Timnas Indonesia setelah Asnawi Mangkualam mencetak gol lewat penalti saat menghadapi Vietnam di laga Grup D Piala Asia 2023. (PSSI)

REPUBLIKBOBOTOH.COM - Peluang Indonesia melaju ke babak 16 besar Piala Asia 2023 terbuka setelah kemenangan 0-1 atas Vietnam dalam laga kedua Grup D.

Untuk lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023, Indonesia harus bisa meraih kemenangan atas Jepang di laga terakhir Grup D.

Bukan perkara yang mudah, sebab di atas kertas, kualitas Timnas Indonesia harus diakui berada di bawah Jepang secara individual maupun tim.

Baca Juga : Begini Cara Staf Pelatih Persib Jaga Mood Para Pemain

Tetapi tidak ada yang tidak mungkin. Indonesia bisa saja membuat kejutan besar saat melawan Jepang nanti yang digelar pada Rabu 24 Januari 2024.


Yuk gabung channel whatsapp REPUBLIKBOBOTOH.COM untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Persib, Bobotoh, Liga 1, dan ragam berita menarik lainnya seputar Bandung Raya. Klik di sini (JOIN)


Skenario lain yang bisa membuat Indonesia lolos ke 16 besar adalah melalui jalur peringkat ketiga terbaik, di mana 4 tim posisi ketiga terbaik di masing-masing grup berhak lolos ke fase knock-out.

Posisi ketiga terbaik bisa diraih Indonesia jika di laga terakhir kontra Jepang bermain imbang atau kalah tapi tidak dengan skor telak, minimal dengan margin 1 gol dan itupun tergantung dari hasil di grup lain.

Baca Juga : Ini Dia Pemain Terbaik di Laga Vietnam vs Indonesia

Misal jika Indonesia imbang atau kalah dari Jepang sementara di Grup A, Qatar mengalahkan China dan Suriah bermain imbang dengan India di laga terakhir Grup C atau Palestina vs Hong Kong berakhir imbang, maka satu tempat di babak 16 besar bakal jadi milik Indonesia.

Sepanjang sejarah keikutsertaan di Piala Asia, Indonesia belum pernah mampu lolos ke babak selanjutnya. Pada dua partisipasi terakhir yakni di Piala Asia 2004 dan 2007, Indonesia selalu menempati posisi ketiga grup dengan mengoleksi 3 poin.

Namun saat itu, belum ada aturan peringkat ketiga terbaik sehingga Timnas Indonesia gagal lolos ke fase knock-out.**

TONTON VIDEONYA DI YOUTUBE RBCOM TV

Follow Berita Republik Bobotoh di Google News

Penulis: Tim Republik Bobotoh | Editor: Daddy

Piksi

Berita Terkini