Ada di Bawah Persija, tapi Mengapa PSM Masih Berpeluang Lolos ke Championship Series? Ini Hitung-hitungannya

Ada di Bawah Persija, tapi Mengapa PSM Masih Berpeluang Lolos ke Championship Series? Ini Hitung-hitungannya PSM Makassar. (LIB)

REPUBLIKBOBOTOH.COM - Persib Bandung jadi tim kedua setelah Borneo FC Samarinda yang lolos ke babak Championship Series Liga 1 musim 2023-2024.

Lolosnya Persib ke Championship Series tidak lepas dari kekalahan yang diderita Persis Solo dari Persija Jakarta dengan skor 1-0 di Stadion Gelora Bung Karno, Rabu 17 April 2024.

Dua tiket tersisa ke babak Championship Series Liga 1 2023-2024, kini diperebutkan oleh delapan tim yakni Bali United, Madura United, PSIS Semarang, Dewa United, Persik Kediri, Barito Putera dan PSM Makassar.

Yang menarik adalah posisi PSM yang masih berpeluang lolos ke Championship Series, meski posisi mereka saat ini di klasemen berada di bawah Persija Jakarta.

Baca Juga : Daftar Pemain yang Absen di Laga Persib vs Persebaya Pada Pekan 32 Liga 1 2023-2024


Yuk gabung channel whatsapp REPUBLIKBOBOTOH.COM untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Persib, Bobotoh, Liga 1, dan ragam berita menarik lainnya seputar Bandung Raya. Klik di sini (JOIN)


PSM dan Persija sama-sama mengoleksi 41 poin, namun Juku Eja posisinya ada di bawah Macan Kemayoran karena kalah head to head. Pada pertemuan pertama PSM dan Persija imbang 1-1 dan di putaran kedua PSM takluk 2-3.

Lalu mengapa PSM masih berpeluang lolos ke Championship Series, sementara Persija dipastikan gagal? Itu karena PSM masih memiliki kans lolos lewat aturan head to head dengan Madura United.

Syaratnya PSM yang berstatus juara bertahan Liga 1, harus meraih kemenangan di tiga laga sisa, termasuk lawan Madura United pada pekan 32 Liga 1 2023-2024, Minggu 21 April 2024. Sedangkan Madura United kalah di tiga laga sisa mereka.

Tetapi skor yang harus diraih PSM minimal dengan margin 3 gol (0-3, 1-4, 2-5 dan seterusnya) atau lebih. Sebab pada pertemuan pertama di kandang sendiri, PSM takluk 0-2 dari Madura United.

Syarat lainnya, di akhir klasemen jumlah poin PSM dan Madura United lebih besar dibandingkan enam tim lain yang saat ini masih berpeluang lolos ke Championship Series.

Baca Juga : Link Nonton Live Streaming Timnas Indonesia U-23 vs Australia U-23 Malam Ini

Jika poin PSM dan Madura United sama, maka aturan head to head digunakan untuk menentukan siapa yang ada di posisi lebih atas.

Di sisi lain, jika akhirnya Madura United, PSM dan Persija memiliki poin yang sama maka penentuan peringkat akan dihitung berdasarkan klasemen kecil.

Andai itu terjadi, maka Madura United yang lolos atau berada di atas meski nanti kalah dari PSM di pekan 32. Sebab Madura United memiliki 9 poin hasil dari dua kali menang atas Persija, sekali menang atas PSM.

Sedangkan PSM jika nanti menang atas Madura United maka hanya memiliki 4 poin, sama dengan Persija yang menang sekali dan imbang sekali dengan PSM serta dua kali kalah dari Madura United.**

TONTON VIDEONYA DI YOUTUBE RBCOM TV

Follow Berita Republik Bobotoh di Google News

Penulis: Tim Republik Bobotoh | Editor: M Taufik

Piksi

Berita Terkini