Keputusan Wasit Apa Saja yang Bisa dan tidak Bisa Diintervensi VAR? Ini Penjelasannya

Keputusan Wasit Apa Saja yang Bisa dan tidak Bisa Diintervensi VAR? Ini Penjelasannya Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, turut memantau langsung uji coba VAR di Stadion Indomilk Arena. (LIB)

REPUBLIKBOBOTOH.COM - PSSI memastikan VAR siap diterapkan di babak Championship Series kompetisi Liga 1 2023-2024 yang rencananya digelar pada bulan Mei 2024 nanti.

Asisten Instruktur VAR PSSI, Fahrizal Tahar menegaskan, secara keseluruhan VAR siap diterapkan baik secara infrastruktur hingga perangkat pertandingan yang nantinya mengaplikasi teknologi ini.

Namun begitu, Fahrizal mengakui, masih ada beberapa hal yang harus dilengkapi seperti pada setting kamera karena dalam penerapannya VAR membutuhkan banyak kamera.

Baca Juga : PSSI Edukasi Skuad Persib soal VAR, Begini Komentar Bojan Hodak dan Victor Igbonefo

"Secara keseluruhan siap. Sedikit set-up (kekurangannya), kamera tadi sempat disampaikan LIB akan ditambah lagi 10 kamera jadi nanti ada angle-angle yang didapat di situ, untuk Championship Series sudah siap menggunakan VAR," kata Fahrizal, Selasa 23 April 2024.


Yuk gabung channel whatsapp REPUBLIKBOBOTOH.COM untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Persib, Bobotoh, Liga 1, dan ragam berita menarik lainnya seputar Bandung Raya. Klik di sini (JOIN)


Dalam penerapannya nanti, kata Fahrizal, minimal dibutuhkan 10 kamera untuk mendukung kinerja wasit yang bekerja di ruang VAR. "VAR ada 10 kamera," ujar Fahrizal.

Fahrizal menjelaskan tidak semua keputusan wasit bisa diintervensi dan tidak diambil lewat bantuan teknologi VAR. Yang jelas, salah satu keputusan paling krusial yang akan diintervensi lewat VAR adalah terkait apakah gol yang terjadi sah atau tidak.

Baca Juga : Daftar Pemain yang Absen di Laga Persib vs Borneo FC

"Kalo VAR mengintervensi itu protokol ada goal, no goal, masalah direct red card, masalah identitas yang salah untuk memberikan, di dalam penalti area, penalti (atau) no penalti, misalnya VAR menilai di situ kejadian baik itu ada penalti atau tidak, VAR mengintervensi," jelasnya.

"Kartu kuning, VAR tidak bisa memberikan intervensi karena itu sudah domain wasit, kalau VAR mengintervensi, wasit tidak kerja nantinya."

"Gol clear - gol no clear VAR intervensi untuk apa? Untuk melihat kejelasan gol makanya wasit tunggu beberapa moment untuk merestart kembali kick off karena dia akan menunggu. Kalau VAR memberi aba-aba menunjukkan oke itu berarti clear," tutupnya.**

TONTON VIDEONYA DI YOUTUBE RBCOM TV

Follow Berita Republik Bobotoh di Google News

Penulis: Tim Republik Bobotoh | Editor: M Taufik

Piksi

Berita Terkini