VAR Akan Diterapkan Secara Penuh di Seluruh Laga Liga 1 2024-2025

VAR Akan Diterapkan Secara Penuh di Seluruh Laga Liga 1 2024-2025 Ilustrasi - uji coba VAR oleh PSSI dan PT LIB di Stadion Manahan. (LIB)

RBCOM - Video Assistant Referee (VAR) dipastikan akan diterapkan secara menyeluruh pada kompetisi Liga 1 musim 2024-2025 setelah sebelumnya hanya digunakan pada babak Championship Series Liga 1 2023-2024.

Direktur Operasional PT Liga Indonesia Baru (LIB), Asep Saputra menjelaskan penerapan VAR pada delapan pertandingan babak Championship Series Liga 1 2023-2024 menjadi awal momen bersejarah dalam perkembangan sepak bola Indonesia.

"Penggunaan VAR pada Championship Series Liga 1 2023-2024 yang terdiri dari 8 pertandingan telah menjadi titik awal dan menjadi momen bersejarah pada laga sepak bola Indonesia," sebut Asep Saputra dikutip dari laman LIB, belum lama ini.

Baca Juga : Kevin Mendoza Ungkapkan Perasaannya Main di Stadion GBK yang Dipenuhi Suporter Indonesia

Asep menambahkan bahwa komitmen penggunaan VAR pada pertandingan Liga 1 2024-2025 akan dilaksanakan sepanjang musim. Sehingga diperlukan persiapan tersendiri untuk dapat mengakomodasi seluruh stadion sepak bola yang akan digunakan dalam pertandingan. Sejauh ini, dana hampir Rp100 miliar telah digelontorkan untuk investasi tersebut.


Yuk gabung channel whatsapp REPUBLIKBOBOTOH.COM untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Persib, Bobotoh, Liga 1, dan ragam berita menarik lainnya seputar Bandung Raya. Klik di sini (JOIN)


“Angka tersebut tidak kecil, namun demi meningkatkan kemajuan sepak bola Indonesia untuk dapat terus berprestasi dan berkancah di dunia internasional, kita membutuhkan berbagai inovasi termasuk penggunaan teknologi VAR,” ungkap Asep.

Terlepas dari segi biaya, soal SDM dan edukasi juga menjadi hal wajib yang tidak dapat dikesampingkan. Sebab VAR bukan hanya tentang teknologi, namun juga terdapat di dalamnya pelatihan wasit, pembangunan infrastruktur, persetujuan resmi dari FIFA yang dibangun dari berbagai komunikasi, serta edukasi bagi pelaku sepak bola secara keseluruhan.

Baca Juga : Jadwal Lengkap Copa America 2024, Tayang di TV Mana?

“Hal ini menjadi sangat penting, kami juga merasa terbantu dengan adanya momen penggunaan VAR pada laga Timnas di pertandingan Piala Asia U-23 Qatar beberapa waktu lalu. Sehingga awareness atau pengetahuan masyarakat terkait VAR menjadi lebih meningkat,” tambah Asep.

Pada akhir pembicaraan, Asep memberikan harapan besar atas implementasi teknologi VAR pada musim depan untuk dapat meningkatkan value pertandingan dan industri sepak bola secara menyeluruh.***

TONTON VIDEONYA DI YOUTUBE RBCOM TV

Follow Berita Republik Bobotoh di Google News

Penulis: Tim Republik Bobotoh | Editor: M Taufik

Piksi

Berita Terkini

Akademi Persib Borong Gelar Juara