PSSI dan LIB Jamin tak Akan Bikin Kalender Kompetisi Dadakan Lagi

PSSI dan LIB Jamin tak Akan Bikin Kalender Kompetisi Dadakan Lagi Pertandingan Persib Bandung vs Madura United di final leg pertama Liga 1 2023-2024. (Adam Husein/REPUBLIKBOBOTOH.COM)

RBCOM - PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) memastikan kalender kompetisi sepak bola domestik akan diatur untuk jangka tiga musim/tahun ke depan, dimulai dari musim 2024-2025, baik Liga 1 maupun Liga 2.

Mengatur jadwal kompetisi secara jangka panjang tentu perlu dilakukan PSSI dan PT LIB agar lebih terencana atau rapih serta menunjukkan profesionalisme sepak bola Indonesia.

Sebelumnya pengaturan jadwal kompetisi kerap menuai kritik karena kerap dilakukan dadakan. Selain itu, juga sering terbentur agenda lain di luar sepak bola yang membuat jadwal pelaksanaan kompetisi tak jarang harus diundur dari yang direncanakan.

Langkah strategis mengatur jadwal kompetisi domestik pun bisa memberikan dampak positif bagi Timnas Indonesia dan Badan Tim Nasional (BTN).

Baca Juga : Teja Paku Alam Putuskan Pulang ke Padang, Gabung Kabau Sirah?


Yuk gabung channel whatsapp REPUBLIKBOBOTOH.COM untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Persib, Bobotoh, Liga 1, dan ragam berita menarik lainnya seputar Bandung Raya. Klik di sini (JOIN)


"Alhamdulillah setelah diskusi panjang antara LIB, PSSI, BTN, dan Timnas, ada jaminan untuk tiga tahun ke depan tidak akan ada perubahan kalender," kata Ketua Umum PSSI, Erick Thohir dikutip dari laman PT LIB.

"Dengan slot untuk liga dan timnas yang sudah jelas, beberapa pertandingan penting timnas, seperti kualifikasi Piala Dunia babak ketiga, akan aman. Sudah seharusnya antara LIB dan PSSI bisa serasi," ujar Erick Thohir.

Erick Thohir juga menegaskan pentingnya penerapan persyaratan lisensi klub yang ketat demi kemajuan sepak bola Indonesia secara menyeluruh.

"Saya juga meminta LIB untuk memperbaiki kualitas klub dengan menerapkan persyaratan lisensi klub yang ketat sehingga ada kepastian dan hukuman yang jelas bagi klub yang tidak memenuhi persyaratan," kata Erick lagi.

Baca Juga : Link Nonton Live Streaming Indonesia vs Singapura di Piala ASEAN U-16 2024 Malam Ini

Direktur Utama LIB, Ferry Paulus, menyambut baik dukungan dari PSSI dan menegaskan komitmen LIB untuk menjalankan mandat ini dengan serius.

"Kami di LIB berkomitmen untuk memastikan kalender liga tetap konsisten selama tiga tahun ke depan. Hal ini akan memberikan kepastian bagi semua pihak yang terlibat dan membantu dalam perencanaan yang lebih baik untuk klub dan Timnas," ujar Ferry Paulus.

Dengan adanya kepastian jadwal ini, LIB berharap dapat menciptakan lingkungan yang lebih stabil dan profesional dalam dunia sepak bola Indonesia, yang pada akhirnya akan membawa dampak positif bagi perkembangan sepak bola nasional dan prestasi di kancah internasional.***

TONTON VIDEONYA DI YOUTUBE RBCOM TV

Follow Berita Republik Bobotoh di Google News

Penulis: Tim Republik Bobotoh | Editor: M Taufik

Piksi

Berita Terkini