Jawa Barat Sabet Juara Umum Ice Speed Skating Short Track Ekshibisi PON XXI/2024

Jawa Barat Sabet Juara Umum Ice Speed Skating Short Track Ekshibisi PON XXI/2024 Atlet ice speed skating short track Jawa Barat Raih Juara Umum di Ekshibisi PON XXI/2024. (Dok. Istimewa)

RBCOM - Prestasi membanggakan kembali diraih oleh atlet ice speed skating short track Jawa Barat. Mereka mendapatkan juara umum di ajang ekshibisi ini dengan mengumpulkan 7 medali emas, 4 perak, dan 3 perunggu, yang berlangsung di Oasis Center Arena, Jakarta pada Senin, 19 Agustus 2024.

Hasil ini tentu disyukuri oleh Pengurus Provinsi (Pengprov) Federasi Ice Skating Indonesia (FISI) Jabar Wenda S Aluwi. Ia menjelaskan catatan ini menjadi bukti akan keseriusan para atletnya yang sudah melakukan persiapan secara maksimal.

"Alhamdulillah kita bisa meraih gelar juara umum ekshibisi speed short track ini dengan bisa mendominasi kejuaraan dengan meraih 7 medali emas dari 8 nomor yang dipertandingkan,” ungkap Jabar Wenda S Aluwi, saat ditemui di KONI Jabar, Kota Bandung, Rabu, 21 Agustus 2024.

Medali emas Jabar sendiri dihasilkan dari nomor 1000 meter putra putri, 500 meter putra putri, 1500 meter putra putri, serta dari nomor relay. Jabar menambahkan anak asuhnya benar-benar ditempa dari segala aspek selama dua bulan terakhir dengan mengikuti camp dibawah kendali pelatih asal Korea.

“Kita telah melakukan persiapan yang cukup lama dengan memanfaatkan pelatih asal Korea dan para atlet kita mengikuti camp selama 2 bulan dan hasilnya kita bisa keluar sebagai juara umum,” jelasnya.


Yuk gabung channel whatsapp REPUBLIKBOBOTOH.COM untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Persib, Bobotoh, Liga 1, dan ragam berita menarik lainnya seputar Bandung Raya. Klik di sini (JOIN)


Baca Juga : Tampil Heroik di Laga Dewa United vs Persib, Begini Kata Teja Paku Alam

Wenda mengatakan dari peserta yang mengikuti ajang ini Jabar yang lebih siap dibandingkan dengan provinsi lain, hal ini juga dikarenakan Jabar pada Porprov ice skating masuk sebagai cabor ekshibisi sehingga lebih siap.

Jabar lebih konsisten dalam perkembangan olahraga ice skating ini, bahkan pada Porprov Jabar juga jadi ajang ekshibisi dan KONI Jabar juga sangat mendukung,” tegasnya.

Dengan sudah dipertandingkan di ekshibisi PON XXI 2024 Aceh Sumut, pihaknya berharap pada PON yang akan datang ice skating sudah bisa masuk sebagai cabor resmi PON.

“Pastinya kita berharap di PON yang akan datang cabor ice skating menjadi cabor resmi PON, apalagi Pengprov FISI sudah ada 9 provinsi,” katanya.

Wenda juga berharap dengan ice skating mampu mendominasi ekshibisi dengan keluar sebagai juara umum, bisa memacu atlet Jabar di PON mewujudkan Jabar Hattrick PON.

“Kemenangan kita ini semoga saja bisa menjadi pemacu atlet Jabar di PON untuk mempertahankan gelar juara dan bisa mewujudkan Jabar Hattrick PON,” paparnya.

Baca Juga : Andai Persib Kalahkan Dewa United, Tyronne del Pino Sebut Perjuangannya Terasa Lengkap

Wenda juga mengatakan selain nomor short track speed, juga akan mempertandingkan nomor figur, yang rencananya akan digelar di Medan pada bulan September mendatang.

“Di ice skating ini ada nomor figur juga dan ini akan dipertandingkan pada bulan September di Medan,” tegasnya.

Selain itu, seusai ekshibisi PON dilanjutkan dengan Kejuaraan Nasional (Kejurnas) short track nomor speed kelompok umur dan Jabar kembali keluar sebagai juara umum dengan mendapatkan 18 medali emas, 5 perak, dan 1 perunggu.

“Setelah ekshibisi, di malam harinya langsung dilanjut dengan Kejurnas dan kita kembali keluar sebagai juara umum dengan meraih 18 emas, atlet muda kita bisa tampil luar biasa di Kejurnas ini,” pungkasnya.

Sementara itu peringkat kedua diraih DKI Jakarta dan ketiga direbut Yogyakarta. Ekshibisi Ice Skating Short Track diikuti oleh 40 atlet dari tujuh provinsi yakni Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Banten, Jakarta, Jawa Barat, Yogyakarta, dan Jawa Timur, dibuka langsung oleh Ketua KONI Pusat Marciano Norman.***

TONTON VIDEONYA DI YOUTUBE RBCOM TV

Follow Berita Republik Bobotoh di Google News

Penulis: Raffy Faraz | Editor: M Taufik

Piksi

Berita Terkini