REPUBLIKBOBOTOH.COM - Pelatih Bali United, Stefano Cugurra sampaikan pandangannya terkait regulasi larangan suporter lawan untuk hadir di babak Championship Series Liga 1 2023-2024.

Menurutnya regulasi itu memberikan dampak buruk, terutama bagi tim yang sangat mengandalkan pemasukan finansial dari tiket pertandingan kandang.

Pelatih yang akrab disapa Teco itu menjelaskan kehadiran kedua suporter di babak Championship Series seharusnya sudah bisa diterapkan. Pasalnya dalam trek rekor keempat suporter, semuanya memiliki hubungan yang harmonis dan tidak ada yang pernah bergesekan.

Baca Juga : Persib Susah Menang Atas Bali United, Sikap Teco tak Berlebihan

"Kita lihat suporter lawan. Tidak ada masalah, saya pikir suporter harus lebih dewasa. Terus harus belajar dari itu, sepakbola," kata pelatih berusia 49 tahun tersebut.

Ini juga berdampak kepada sisi finansial tim karena banyak tim yang mengandalkan pemasukan dari tiket pertandingan. Sehingga, tim dan suporter bisa menciptakan simbiosis mutualisme yang menguntungkan bagi kedua pihak.

"Banyak tim rugi finansial, saya pikir harus evaluasi lebih bagus, suporter bagus dan tim tidak rugi," imbuhnya.

Baca Juga : Ini 2 Pemain Persib yang Paling Diwaspadai Bali United

Pelatih berpaspor Brasil itu juga berharap adanya kebijakan baru yang mengatur kehadiran suporter tim lawan pada musim depan. Sehingga dengan begitu, tim-tim bisa lebih terbantu dari sisi finansial karena mendapatkan pemasukan dari tiket pertandingan.

"Mudah-mudahan yang ngurus sepakbola bisa lihat dan evaluasi untuk liga di musim depan," tutupnya.**