RBCOM - Pemain bertahan Persib Bandung, Robi Darwis mengaku tak sungkan untuk meminta masukan dari para seniornya usai melewati sebuah pertandingan.

Pemain asal Cianjur itu mengatakan, ini merupakan salah satu cara dalam mempercepat peningkatan kualitas dari permainannya.

Robi Darwis menerangkan, seringkali orang yang berada di bench bisa memberikan masukan secara lebih luas.

Baca Juga : Link Nonton Live Streaming Indonesia vs Australia di Laga Kualifikasi Piala Dunia 2026

Hal itu tentu sangat diperlukan Robi Darwis karena terkadang, ia merasa keputusannya sudah tepat, padahal selalu ada keputusan lain yang dirasa jauh lebih tepat.

Salah satu pemain senior yang selalu dimintai masukan, yakni Achmad Jufriyanto. Baginya, pemain yang akrab disapa Jupe itu seperti pelatihnya para pemain muda karena Jupe sudah kenyang akan pengalaman bermain di Liga Indonesia.

"Tentunya dari awal musim ya Bang Jupe, itu kaya coach-nya pemain muda. Jadi tiap beres gim selalu ada koreksi, mana yang bagus dan diperbaiki," ujar Robi.

Selain meminta masukan dari pemain senior, ia juga tak lupa melakukan evaluasi terhadap diri sendiri dengan menyaksikan ulang pertandingan.

Baca Juga : Dua Pemain Bertahan Persib Siap Hadapi PSM Makassar

Robi Darwis merasa hal ini bisa memberi gambaran akan penampilannya dan Robi bisa langsung melakukan evaluasi secara cepat.

"Ya Robi juga belajar dari nonton video melihat rekaman pertandingan yang Robi mainkan, mana kesalahan, mana yang bagusnya, mungkin yang kesalahan kesalahannya lebih diperbaiki. Jadi lebih ke pengambilan keputusannya harus lebih tepat lagi," tutupnya.***