Ungkapan Aprilio Manganang yang Kini Resmi Jadi Pria: Puluhan Tahun Batinnya Bergumul

Ungkapan Aprilio Manganang yang Kini Resmi Jadi Pria: Puluhan Tahun Batinnya Bergumul Aprilio Manganang dan Diah Erwiany, istri KSAD, Andhika Perkasa. (Tempo.co)

REPUBLIK BOBOTOH - Setelah resmi dinyatakan sebagai seorang pria, mantan atlet bola voli nasional Aprilia Manganang kini menyandang nama baru.

Aprilia mengubah namanya menjadi Aprilio, dengan nama panjang Aprilio Perkasa Manganang. Pada name tag-nya, Aprilio lebih memilih nama tengahnya 'Perkasa'.

Perkasa resmi mengganti identitasnya pada 19 Maret 2021 setelah hakim di Pengadilan Negeri Tondano, Sulawesi Utara, mengabulkan permohonan yang diajukannya terkait status gender.

Keputusan Pengadilan Negeri Tondano mengakhiri pergulatan batinnya selama puluhan tahun. Hal itu diungkapkannya seperti dikutip dari video yang diunggah channel YouTube TNI AD pada Minggu (28/3/2021).

BACA JUGA: Kasihan Geoffrey Castillion, Nasibnya di Italia Hanya Jadi 'Pemanis' Bangku Cadangan


Yuk gabung channel whatsapp REPUBLIKBOBOTOH.COM untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Persib, Bobotoh, Liga 1, dan ragam berita menarik lainnya seputar Bandung Raya. Klik di sini (JOIN)


BACA JUGA: Persib Berlatih Dua Kali Jelang Menghadapi Persiraja

Dalam video tersebut, Aprilio mengaku, kejelasan status gendernya sebagai seorang lelaki adalah hal yang selama ini dicari.

"Dengan latar keluarga Lanang, mama, papa, dan Lanang jalani hidup dari kecil sampai besar, sepertinya ini memang yang Lanang cari (menjadi lelaki). Lanang harus bohongi diri untuk berusaha membuat mama dan papa bangga," kata Aprilio dalam YouTube resmi TNI.

Aprilio mengalami keadaan hipospadia kondisi bawaan di mana pembukaan uretra berada di bagian bawah penis bukan di ujung. Uretra adalah saluran tempat urine mengalir dari kandung kemih dan keluar dari tubuh.

Sejak lahir Aprilia mengidap hipospadia sehingga dianggap berjenis kelamin perempuan, namun kini dinyatakan sebagai laki-laki tulen setelah melalui tindakan medis.

BACA JUGA: Farshad Berharap Jadi Starter di Laga Kontra Persiraja

BACA JUGA: Persija Sukses Atasi Tekanan, Lolos ke 8 Besar Usai Bungkam Bhayangkara FC

Aprilio bersyukur karena telah dipertemukan dengan KSAD Jenderal TNI Andhika Perkasa yang memfasilitasi untuk memastikan status kelaminnya.

"Terima kasih Tuhan Yesus, terima kasih sudah pertemukan Lanang sama Ibu dan Bapak (KSAD Andhika Perkasa). Kalau enggak, enggak mengerti Lanang jadi apa ke depan, Lanang pasti hancur," ucap Lanang sambil menangis dan mencium tangan Diah Erwiany, istri Andika Perkasa.

Aprilio memutuskan pensiun sebagai pemain bola voli profesional. Sepanjang kariernya dia merupakan salah satu pemain langganan timnas Indonesia di berbagai ajang bola voli internasional.

Di level klub, selain pernah membela sejumlah klub Proliga seperti Alko Indramayu, Jakarta Elektrik, Bandung BJB Pakuan, Aprilio juga pernah berkarier di Thailand bersama klub Supreme VC. (RB)

Follow Berita Republik Bobotoh di Google News

Editor: M Taufik

Piksi

Berita Terkini