Budaya Sunda di Jersey Tim Persib Harus Dipahami Pemain Asing atau Naturalisasi (Bagian 2)

Budaya Sunda di Jersey Tim Persib Harus Dipahami Pemain Asing atau Naturalisasi (Bagian 2) Budi Dalton. (Adam Husein/REPUBLIKBOBOTOH.COM)

REPUBLIK BOBOTOH - Penerapan budaya di tatar sunda juga sebenarnya tidak memandang latar belakang pemain.

Terutama urusan pemain asing maupun naturalisasi, bagi Budayawan Budi Dalton, pemain asing atau pemain naturalisasi harus memahahami filosofi dari ketiga gunung tersebut.

Ia menjelaskan saat ini ada banyak pemain Belanda di tim Persib yang tentunya sudah tahu soal Bandung.

Apalagi salah satu ahli geologi dunia zaman dulu, Van Bemmelen merupakan orang Belanda yang kaya akan literatur tentang gunung-gunung di sekitar Bandung.

Menurut Budi Dalton, Bandung memiliki kaitan erat dengan orang-orang Belanda zaman dahulu dan bahkan selalu diceritakan oleh leluhur para pemain berdarah Belanda.


Yuk gabung channel whatsapp REPUBLIKBOBOTOH.COM untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Persib, Bobotoh, Liga 1, dan ragam berita menarik lainnya seputar Bandung Raya. Klik di sini (JOIN)


Sudah sepatutnya para pemain berdarah Belanda atau pemain asing membaca literatur tersebut agar mengetahui filosofi dari gunung-gunung yang ada di seragamnya.

"Tah ieu, memurut saya malah mengenai ahli geologi, Van Bemmelen, dari Belanda. Sebetulnya literatur-literatur kita ada di sana dan harus lebih tahu, jadi mereka datang ke sebuah tempat dengan memperjuangkan Bandung sebagai tim sepak bola yang pernah diceritakan bapak atau kakeknya di sana. Pasti kakeknya menceritakan Bandung karena pusat pemerintahan Hindia Belanda," kata Babeh Budi begitu biasa dia disapa, dalam program Persib Aing Aing Pisan yang sudah tayang di YouTube REPUBLIKBOBOTOH TV.

Dengan mendalami sekaligus memahami filososfi dari tanah yang dipijaknya, pang para pemain asing atau naturalisai bisa lebih kenal dan diharapkan mampu menjaga harga diri dari gunung-gunung tersebut.

BACA JUGA: Budi Dalton 'Meluruskan' Nilai Filosofi Gunung di Jersey Persib (Bagian 1)

Terlebih lagi jangan sampai makna dan harga diri dari identitas gunung tersebut justru dipermalukan setelah diaplikasikan ke jersey tim.

"Apalagi kalau dia mendalami dan memahami filosofi di tanah yang dia pijak, Persib Bandung itu apa sih, Bandung itu apa sih, jadi jangan sampai mau nendang bola karena uang dan juara, tapi aya beban, beban naon, beban dari para leluhur di pundaknya. Apalagi ada simbol gunung di seragamnya," tambhanya.

Gunung tersebut juga sebenarnya tak hanya mewakili identitas secara visual saja, melainkan spiritual.

Budi mengatakan, spiritual disini bukanlah hal mistis, melainkan produk perilaku orang sunda yang baik, bertanggung jawab dengan ilmunya.

Pasalnya budaya orang sunda sangat jauh berbeda apabila dibandingkan dengan budaya orang barat atau para pemain asing dan naturalisasi.

Sehingga saat membela Persib, para pemain yang memiliki darah luar negeri harus ikut dengan budaya yang sudah ada di Bandung.

"Menurut saya identitas yang selalu kita lihat adalah identitas nu bentuknya fisik, tapi bukan spiritual, jadi kalau kita bicara sunda kan itu lebih dikenal spiritualnya, spiritual itu prodak perilaku bukan diam semedi atau apalah, tapi orang sunda berperilaku baik, ada pertanggung jawabannya, keilmuannya,"

"Kalau kita bicara soal identitas, alangkah lebih baiknya salah satu materi yang diajarkan ke pemain asing, karena kita budayanya berbeda, jadi pemain asing ini harus diajak budaya sunda," tuntasnya.**

Tonton Videonya di sini:

TONTON VIDEONYA DI YOUTUBE RBCOM TV

Follow Berita Republik Bobotoh di Google News

Penulis: Raffy Faraz | Editor: Daddy

Piksi

Berita Terkini