Rencananya di Tiga Stadion Ini Uji Coba Kehadiran Penonton Liga 1 Dilakukan, Salah Satunya Bandung

Rencananya di Tiga Stadion Ini Uji Coba Kehadiran Penonton Liga 1 Dilakukan, Salah Satunya Bandung Ketua umum PSSI, Mochamad Iriawan. (Raffy Faraz/Republik Bobotoh)

REPUBLIK BOBOTOH - PSSI menyiapkan tiga stadion untuk menjadi calon lokasi ujicoba kehadiran penonton Liga 1 2021 yang rencananya digelar Desember 2021 mendatang.

Salah satu stadion yang disebut oleh Ketua PSSI, Mochamad Iriawan adalah Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung.

"Yang pasti stadion itu sudah memenuhi syarat dan memiliki nomor kursi (kursi tunggal/single seat). Bisa saja stadion besar seperti Stadion Utama Gelora Bung Karno, Stadion Manahan atau Stadion Si Jalak Harupat. Kami masih melakukan pengkajian yang tepat," kata Iriawan di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis., dikutip dari Antara.

Sampai saat ini, PSSI masih mempertimbangkan aspek-aspek pendukung sebelum adanya kepastian kehadiran penonton di stadion.

Selain sistem dan aturan, PSSI dan PT Liga Indonesia Baru turut mempertimbangkan perkembangan penyebaran Covid-19 di Indonesia.


Yuk gabung channel whatsapp REPUBLIKBOBOTOH.COM untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Persib, Bobotoh, Liga 1, dan ragam berita menarik lainnya seputar Bandung Raya. Klik di sini (JOIN)


"Semoga kasusnya terus melandai," kata Iriawan.

Sebelumnya diberitakan, rencana PT Liga Indonesia Baru (LIB) untuk uji coba menghadirkan penonton di stadion pada Desember 2021 mendatang bisa terwujud jika pemerintah memberikan izin.

"Harus ada izin dari pemerintah. Kalau sudah oke, baru akan diuji coba," ujar Akhmad Hadian kepada Antara, Senin 8 November 2021.

Akhmad menjelaskan, pemerintah yang dimaksud adalah Satgas Penanganan COVID-19 serta Menteri Koordinator (Menko) bidang Kemaritiman dan Investasi sekaligus Koordinator PPKM di Jawa-Bali Luhut Binsar Pandjaitan.

Ia menambahkan, pihaknya akan terus mempersiapkan segala yang diperlukan sampai mengantongi izin tersebut. PT LIB masih terus menyelesaikan aspek teknologi informasi meliputi pengaturan tiket daring, aplikasi dan lain-lain.

Sampai saat ini, LIB dan PSSI sepakat bahwa penonton yang bisa masuk ke dalam stadion adalah mereka yang sudah mendapatkan vaksis dosis kedua.

"Untuk antigen itu, nanti tergantung pemerintah lagi," kata Akhmad Hadian.

Nantinya, penonton yang berada di stadion pada masa uji coba adalah para undangan yang jumlahnya sekitar 100-200 orang. Akan tetapi, belum diketahui di stadion mana uji coba itu akan dilakukan.

Pemerintah Indonesia sudah mengizinkan keberadaan penonton di stadion melalui Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 57 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 3, Level 2 dan Level 1 Corona Virus Disease 2019 di Wilayah Jawa dan Bali yang diterbitkan pada 1 November 2021.

Di dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri itu, pemerintah mengizinkan laga Liga 1 disaksikan penonton di stadion dengan jumlah 25 persen dari kapasitas maksimal atau paling banyak lima ribu orang.

Pemerintah mewajibkan semua penonton berstatus "hijau" di aplikasi Peduli Lindungi sebelum memasuki arena pertandingan.**

TONTON VIDEONYA DI YOUTUBE RBCOM TV

Follow Berita Republik Bobotoh di Google News

Penulis: Helmi MP | Editor: Helmi M Permana

Piksi

Berita Terkini