Pengakuan Andritany soal Bola Tendangan Marc Klok, Masuk atau Tidak? Begini Katanya

Pengakuan Andritany soal Bola Tendangan Marc Klok, Masuk atau Tidak? Begini Katanya Andritany Ardhyasa menepis bola yang terlihat sudah melewati garis gawang pada laga Persib vs Persija. (Tangkap Layar Live Indosiar)

REPUBLIK BOBOTOH - Kiper Persija Jakarta, Andritany Ardhiyasa tak menampik bola tendangan gelandang Persib Bandung, Marc Klok sudah melewati garis gawang.

Perdebatan soal gol atau tidaknya tendangan Marc Klok pada menit 1 pertandingan Persib vs Persija di Stadion Manahan, Solo, Sabtu 20 November 2021, terus bergulir.

Persib sudah resmi melayangkan surat protes kepada PT Liga Indoneia Baru (LIB) yang mempersoalkan keputusan wasit dan hakim garis yang tak mensahkan bola tendangan Marc Klok jadi gol.

Dipantau REPUBLIKBOBOTOH.COM dari tulisan di website pribadinya berjudul 'Drama', Andritany menyinggung soal tendangan Marc Klok yang diakuinya mungkin sudah melewati garis gawang.

Tetapi Andritany pun tak cukup yakin bola sepenuhnya sudah melewati garis gawang. Sebab tak ada tayangan jelas ataupun teknologi garis gawang yang digunakan untuk memastikannya.


Yuk gabung channel whatsapp REPUBLIKBOBOTOH.COM untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Persib, Bobotoh, Liga 1, dan ragam berita menarik lainnya seputar Bandung Raya. Klik di sini (JOIN)


Dalam pertandingan tersebut, Persija akhirnya meraih kemenangan 1-0 lewat gol semata wayan yang diciptakan Marko Simic di menit-menit akhir babak pertama.

Berikut adalah kutipan tulisan Andritany terkait bola tendangan Marc Klok yang tak dianggap gol oleh wasit Aprisman Aranda:

"Baru 37 detik yang lalu wasit Aprisman Aranda meniup pluit untuk pertama kalinya, menandakan pertandingan dimulai, sang pengadil sudah harus meniup pluit susulan lantaran Yan Motta, pemain bertahan Persija, melanggar Geoffrey Castillion di sisi kanan pertahanan Persija.

Tendangan bebas untuk Persib. Marck Klok, mantan pemain Persija, bersiap untuk mengeksekusinya. Klok yang sudah terlihat membidik tiang dekat gawang Persija yang dikawal Andritany, melepaskan sepakan yang membuat bola memutar melewati pagar hidup yang sudah dikoordinasikan oleh Andritany sebelumnya.

Bola langsung mengarah ke sisi bawah kanan gawang. Meski pandangannya terhalang oleh dua pemain yang berdiri dekat di hadapannya, dengan sekuat tenaga, Andritany mencoba menghalau laju bola.

Memang jika dilihat melalui layar kaca, bola terlihat sudah melewati garis gawang alias masuk. Namun jika pembaca bertanya mengapa bola yang sudah masuk, terus dibuang keluar. Saya bisa menjelaskan dari sudut pandang saya dalam posisi sebagai seorang penjaga gawang.

Sebagai penjaga gawang, sudah pasti saya tidak akan berdiam diri saat melihat bola meluncur menuju gawangnya. Pasti dengan sekuat tenaga, walaupun semisal terlambat sepersekian detik saja, saya akan melakukan reaksi. Pembaca bisa bertanya kepada orang atau penjaga gawang yang satu profesi dengan Andritany tentang pernyataan ini.

Seusai pertandingan, saya beberapa kali menyimak tayangan video momen tersebut, hanya untuk memastikan apakah bola tersebut gol atau tidak. Dari apa yang saya sudah lihat berulang kali dari satu sudut tayangan ini, bola terlihat sudah melewati garis gawang.

Tapi apakah seluruh bagian bola sudah melewati garis gawang? Saya tidak tahu pasti karena tidak ada tayangan dari sisi samping gawang. Tayangan dari sisi ini tentunya akan lebih memudahkan kita menilai bahwa bola tersebut sudah masuk atau belum.

Kejadian tersebut begitu cepat. Jika ada gambar dari sisi samping gawang dan bola tersebut gol, berarti kejadian ini seperti dejavu bagi saya.

Kejadian serupa di stadion yang sama empat tahun lalu, bahkan di gawang yang sama dan dengan lawan yang sama. Memang dari kejadian ini jelas ada pihak yang dirugikan. Namun semua ini adalah esensi dari sepak bola itu sendiri yang pada akhirnya melahirkan berbagai perdebatan dan drama khas sepak bola.".***

Follow Berita Republik Bobotoh di Google News

Penulis: Taufik | Editor: M Taufik

Piksi

Berita Terkini