Profil Taisei Marukawa yang Jadi 'Biang' Kekalahan Persib: Sempat Diminta Pulang ke Jepang

Profil Taisei Marukawa yang Jadi 'Biang' Kekalahan Persib: Sempat Diminta Pulang ke Jepang

REPUBLIK BOBOTOH - Pertandingan Persib Bandung lawan Persebaya Surabaya menjadi panggung bagi Taisei Marukawa untuk membuktikan kualitasnya.

Pemain asal Jepang itu, menjadi sosok penting di balik kemenangan Persebaya dan di lain sisi jadi 'biang' kekalahan telak yang dialami Persib.

Gelandang berusia 24 tahun kelahiran kota Hiroshima itu, terus menunjukkan progres menggembirakan.

Penampilan gemilang Marukawa di lapangan terwujud dari penghargaan individual yang diraihnya, di antaranya gelar pemain terbaik bulan Oktober 2021 dan beberapa kali terpilih masuk Best XI.

Pertandingan menghadapi Persib, bisa dibilang jadi penegasan dari Marukawa soal kualitas dan kemampuannya mengolah si kulit bundar.


Yuk gabung channel whatsapp REPUBLIKBOBOTOH.COM untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Persib, Bobotoh, Liga 1, dan ragam berita menarik lainnya seputar Bandung Raya. Klik di sini (JOIN)


Selain mencetak dua gol, Marukawa juga memberikan assist untuk gol yang diciptakan Bruno Moreira yang membuat Persib menelan kekalahan telak 0-3.

Meski lahir dan menjalani karier junior di Jepang, tetapi Marukawa memilih Eropa, tepatnya Malta sebagai tempat meniti karier profesional bersama Senglea Athletic pada tahun 2019.

Marukawa juga sempat membela klub papan atas Liga Malta, Valletta FC pada 2020.

Setelah Malta, kariernya berlanjut ke Latvia bersama Noah Jurmala dan setelahnya memutuskan kembali ke Asia untuk gabung Persebaya Surabaya.

Di awal-awal dirinya bergabung dengan Bajul Ijo, Marukawa sempat merasa bimbang ketika Pemerintah Jepang mengimbau warganya yang sedang berada di Indonesia untuk pulang pada pertengahan Juli 2021.

Imbauan tersebut disampaikan Pemerintah Jepang karena saat itu, Indonesia tengah dilanda gelombang kedua penyebaran Covid-19 akibat varian Delta.

Tetapi Marukawa memutuskan tetap berada di Indonesia karena merasa sejauh yang dia rasakan ketika itu, Indonesia masih cukup aman.

"Benar memang diimbau untuk meninggalkan Indonesia. Tapi bukan panggilan pribadi. Mereka yang mau bisa menghubungi perwakilan pemerintah Jepang dan akan diberikan fasilitas untuk pulang," jelas Taisei Marukawa saat itu dikutip dari laman ofisial Persebaya.

"Saya tidak bisa memutuskan sekarang. Karena saya tidak tahu kapan kompetisi dimulai. Lagipula kita juga masih melakukan latihan. Jadi saya di sini saja dulu," beber Taisei.

"Di sini sebenarnya cukup aman karena saya tidak pernah keluar apartemen selain untuk latihan. Kesehatan dan makanan juga dipantau oleh tim medis dan chef tim. Jadi sebenarnya tidak masalah," imbuhnya.

Keputusan Marukawa akhirny membuat dia jadi bagian dari skuad Persebaya di Liga 1 musim 2021-2022. Meski Bajul Ijo sempat terseok-seok di awal musim, perlahan tim kebanggaan Bonek Mania itu, menunjukkan peningkatan kualitas permainan dan hasil akhir yang didapat.

Dan, Taisei Marukawa adalah salah satu pemain jadi bagian penting dalam kebangkitan Persebaya yang mencatat 10 pertandingan beruntun tanpa kekalahan.

Hingga pekan ke-16, Taisei Marukawa jadi pemain tersubur di Persebaya dengan mencetak 9 gol dan hebatnya dia juga mencetak banyak assist dengan 5 assist.

Profil Taisei Marukawa

Lahir: Hiroshima, 30 Juni 1997

Negara: Jepang

Tinggi: 170 cm

Berat: 60 kg

Karier:

2019-2020 Senglea Athletic

2020 Valletta FC

2021 Noah Jurmala

2021-sekarang Persebaya Surabaya.**

Follow Berita Republik Bobotoh di Google News

Penulis: Taufik | Editor: M Taufik

Piksi

Berita Terkini