Shin Tae-yong Sarankan Pemain Indonesia Merantau dan Tinggalkan Zona Nyaman

Shin Tae-yong Sarankan Pemain Indonesia Merantau dan Tinggalkan Zona Nyaman Ilustrasi pertandingan Liga 1 Persib vs Arema. (MO Persib)

REPUBLIK BOBOTOH - Para pemain sepak bola di Indonesia diharapkan meninggalkan zona nyaman dan lebih berorientasi ke luar negeri dalam menjalani karier.

Hal itu diungkapkan oleh pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong yang mengharapkan makin banyak pemain Indonesia yang berkarier di luar negeri.

Shin Tae-yong berharap lebih banyak pemain yang mengikuti jejak pemain Indonesia lainnya yang saat ini berkarier di luar negeri.

Saat ini, sejumlah pemain Indonesia berkarier di luar negeri seperti Witan Sulaeman bersama Lechia Gdansk (Polandia), Egy Maulana Vikri dengan FK Senica (Slowakia) dan Asnawi Mangkualam dengan Ansan Greeners (Korea Selatan).

Selain mereka, juga ada Yanto Basna di PT Prachuap (Thailand) dan Syahrian Abimanyu (Johor Darul Ta'zim) yang dipinjamkan ke klub Australia, Newcastle Jets.


Yuk gabung channel whatsapp REPUBLIKBOBOTOH.COM untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Persib, Bobotoh, Liga 1, dan ragam berita menarik lainnya seputar Bandung Raya. Klik di sini (JOIN)


Dengan berkarier di luar negeri, terutama di kompetisi yang secara kualitas lebih baik dibandingkan Indonesia, kata Shin Tae-yong, ada banyak hal positif yang bisa diperoleh seorang pemain.

"Saya berharap pemain Indonesia berkarier ke liga luar. Ke Jepang, Korea, atau Eropa untuk mempelajari budaya sepak bola," kata Shin dikutip dari Sindonews.com, Jumat 31 Desember 2021.

"Tentunya itu untuk mengembangkan Timnas Indonesia sendiri menjadi lebih baik," sambung manta pelatih Seongnam Ilhwa Chunma itu.

Kualitas kompetisi yang lebih baik bisa membantu seorang pemain meningkatkan kualitas permainannya.

Apalagi faktanya untuk kawasan ASEAN, ranking kompetisi sepak bola Indonesia berada di bawah negara lain seperti Thailand, Vietnam, Malaysia dan Singapura.

Itu menandakan kualitas kompetisi Liga Indonesia dengan segala atribut di dalamnya, masih tertinggal.**

Follow Berita Republik Bobotoh di Google News

Penulis: Taufik | Editor: M Taufik

Piksi

Berita Terkini