Siapa Saja 9 Pemain Persib yang Positif Covid-19? Berapa Lama Mereka Dikarantina? Begini Jawaban Dokter Tim

Siapa Saja 9 Pemain Persib yang Positif Covid-19? Berapa Lama Mereka Dikarantina? Begini Jawaban Dokter Tim Para pemain Persib merayakan gol yang dicetak Bruno Cantanhede ke gawang Persita. (Ligaindonesiabaru.com)

REPUBLIK BOBOTOH - Dokter Persib Bandung, Rafi Ghani memastikan para pemain yang positif terpapar Covid-19 sudah mendapatkan penanganan, termasuk menjalani karantina.

Tetapi Rafi tidak bisa memastikan berapa lama ke-9 pemain Persib yang positif Covi-19 itu, dan kapan kembali ke tim untuk menjalani latihan maupun pertandingan.

Berdasarkan prosedur, kata Rafi, dibutuhkan waktu minimal selama 10 hari bagi setiap orang yang positif Covid-19 untuk menjalani isolasi.

Setelah itu, untuk bisa keluar dari masa karantina dibutuhkan tes untuk memastikan sudah negatif Covid-19.

"Karantina kita lakukan sesuai dengan prosedur 10 hari. Tapi kita pantau 10 hari itu, bilamana gejala sama sekali tidak ada kita akan lakukan pemeriksaan PCR," jelas Rafi dalam konferensi pers, Minggu 30 Januari 2022.


Yuk gabung channel whatsapp REPUBLIKBOBOTOH.COM untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Persib, Bobotoh, Liga 1, dan ragam berita menarik lainnya seputar Bandung Raya. Klik di sini (JOIN)


BACA JUGA: Aksi Juggling Legenda Chelsea Ini Sangat Tidak Biasa, Lihat Videonya Disini

BACA JUGA: Sule Serius Beli Klub Bola Seperti Raffi Ahmad dan Atta Halilintar Sampai Ngajak Mantan Kapten Persib

"Kalau dari kurang 10 hari PCR negatif, biasanya bisa lepas dari proses karantina."

"Semoga saja, mohon doa kan semua pemain kita yang menjalani karantina bisa cepat pulih dan bergabung dengan tim yang hasilnya positif."

"Rencana besok ada PCR lagi untuk 9 orang yg terkonfirmasi positif," kata Rafi.

Diberitakan sebelumnya kasus Covid-19 di Persib terdeteksi sejak tim kembali berkumpul pada 26 Januari 2022, berdasarkan tes antigen.

Namun berdasarkan tes swab dengan metode PCR, baru diketahui pada H-1 pertandingan melawan Persikabo 1973 atau Jumat 28 Januari 2022. Ada 9 pemain Persib yang positif Covid-19.

Ke-9 pemain Persib yang positif, kemungkinan besar akan kembali absen saat Persib menghadapi PSM Makasar pada pekan ke-22 Liga 1, Rabu 2 Februari 2022.

Sementara terkait nama-nama pemain yang terpapar Covid-19, Rafi menolak mengungkapkan ke publik karena alasan kode etik kedokteran dan kerahasiaan atau privasi pasien.

"Untuk nama-nama, mohon maaf saya tidak bisa sebutkan karena terkait dengan kode etik untuk menjaga rahasia pasien. Doakan proses karantina ini segera dilalui segera negatif dan kembali dengan tim," kata Rafi.

Sekadar diketahui, tidak mengungkap data pasien, termasuk dalam kasus Covid-19 merupakan hak yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 44 tahun 2009 tentang Rumah Sakit.

BACA JUGA:
Libur Imlek, Kemenag Imbau Masyarakat Tidak Mudik dan Kumpul Keluarga Besar Saat Imlek

Namun demikin Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dalam pernyataan resminya menjelaskan, mengungkap identitas pasien Covid-19 boleh dilakukan karena alasan untuk kepentingan umum, di mana pandemi Covid-19 merupakan peristiwa global.

Sementara saat Persib menghadapi Persikabo 1973, para pemain Maung Bandung yang absen adalah Supardi Nasir, Nick Kuipers, Victor Igbonefo, Marc Klok, Ezra Walian, Dedi Kusnandar, Febri Hariyadi, Bruno Cantanhede dan David da Silva.**

Follow Berita Republik Bobotoh di Google News

Penulis: Kris Andieka | Editor: M Taufik

Piksi

Berita Terkini