Liga 1: LIB Belum Bisa Pastikan Kapan Penonton Bisa Kembali ke Stadion, Ini Sebabnya

Liga 1: LIB Belum Bisa Pastikan Kapan Penonton Bisa Kembali ke Stadion, Ini Sebabnya Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita. (Humas Pemkot Bandung)

REPUBLIK BOBOTOH - PT Liga Indonesia Baru (LIB) belum bisa memastikan kapan penonton bisa kembali ke stadion untuk menyaksikan pertandingan Liga 1 2021 yang berlangsung di Bali.

LIB tidak mau terburu-buru dalam mengaplikasikan peraturan yang baru saja diterbitkan pemerintah terkait diperbolehkannya kompetisi olahraga disaksikan penonton..

Aturan pemerintah soal penonton tertuang dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 15 tahun 2022 tentang Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 4, Level 3, Level 2 Corona Virus Disease 2019 di wilayah Jawa dan Bali.

Baca Juga: Ada yang Bikin Robert Waswas Jelang Duel Persib vs Arema, Ini Penyebabnya

Dalam pasal 8 Inmendagri disebutkan bahwa semua kompetisi olahraga diperbolehkan untuk disaksikan masyarakat di stadion dengan ketentuan jumlahnya sesuai status level kasus Covid-19.


Yuk gabung channel whatsapp REPUBLIKBOBOTOH.COM untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Persib, Bobotoh, Liga 1, dan ragam berita menarik lainnya seputar Bandung Raya. Klik di sini (JOIN)


"Kami mesti berkoordinasi terlebih dahulu ke PSSI, lalu ke pemerintah meliputi pihak-pihak seperti BNPB, Kemenpora, Kemenkes, Kemenko Marves-Koordinator PPKM Jawa-Bali," kata Direktur Utama LIB, Akhmad Hadian Lukita dikutip dari Antara.

"Setelah itu akan ada rapat koordinasi yang hasilnya akan menjadi rekomendasi untuk Polda dan pemerintah provinsi setempat. Jadi prosesnya masih panjang," imbuh pria yang akrab disapa Luluk tersebut.

Namun meski begitu, LIB berjanji akan segera menindaklanjuti aturan dari pemeritah tersebut.

Menurut laporan Antara, untuk kabupaten atau kota berlevel tiga, maka stadion atau arena bisa diisi penonton sejumlah 50 persen dari kapasitas maksimal.

Sementara untuk level dua berjumlah 75 persen dan level satu, 100 persen. Syarat lainnya adalah semua penonton wajib sudah mendapatkan dosis ketiga vaksin atau booster.

"Jadi nanti kita lihat apakah bisa atau tidak penonton hadir di Liga 1 musim ini. Koordinasi akan terus dilakukan," kata Akhmad Hadian Lukita.

Baca Juga: Jelang Arema vs Persib: Maung Bandung Berpacu dengan Waktu, Konsentrasi Singo Edan Terbelah

Baca Juga: Pamit dari Persikabo, Ciro Alves Diminta Gabung Persib

Menurut Akhmad Hadian Lukita, LIB saat ini tengah fokus pada penyelenggaraan tahap akhir kompetisi Liga 1 2021, yang akan memasuki seri 5.

LIB mengantisipasi perubahan jadwal pertandingan pada pekan-pekan terakhir andai ada beberapa tim yang berpeluang menjadi juara.

"kalau begitu, maka harus sama waktu pertandingannya. Berbarengan pada pekan terakhir jadi kamis mesti fokus ke sana," pungkas Akhmad Hadian Lukita.**

TONTON VIDEONYA DI YOUTUBE RBCOM TV

Follow Berita Republik Bobotoh di Google News

Penulis: Helmi MP | Editor: Helmi M Permana

Piksi

Berita Terkini