Dikaitkan dengan Persib, Ternyata Ini Alasan Taisei Marukawa Belum Pernah Main di Liga Jepang

Dikaitkan dengan Persib, Ternyata Ini Alasan Taisei Marukawa Belum Pernah Main di Liga Jepang Taisei Marukawa. (Twitter/@Liga1Match)

REPUBLIK BOBOTOH - Taisei Marukawa jadi fenomena tersendiri di kompetisi Liga 1 musim 2021-2022. Magi gelandang lincah asal Jepang itu, telah membuat penggemar sepak bola Indonesia jatuh hati.

Marukawa jadi salah satu pemain yang musim ini, sering membuat 'deg-degan' kubu lawan karena kemampuan individualnya yang terbilang di atas rata-rata untuk ukuran pemain yang beredar di Indonesia.

Total sudah 16 gol plus 9 assist diproduksi oleh gelandang kelahiran Hiroshima, 30 Januari 1997 itu.

Bahkan media Jepang, NHK, sampai mewawancarai Taisei Marukawa yang permainannya membuat Persebaya bisa dibilang jadi salah satu tim paling atraktif di Liga 1 musim ini.

Yang menarik, sepanjang karier profesionalnya, Taisei Marukawa belum pernah sekalipun mencicipi kesempatan bermain di negara asalnya, baik kasta tertinggi Liga Jepang atau J1 League maupun kasta terendah, J3 League.


Yuk gabung channel whatsapp REPUBLIKBOBOTOH.COM untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Persib, Bobotoh, Liga 1, dan ragam berita menarik lainnya seputar Bandung Raya. Klik di sini (JOIN)


BACA JUGA: Kata-kata Pembakar Semangat dari Bos Barito Jelang Duel Menentukan Kontra Persib

BACA JUGA: Rapor 2 Pemain Persib yang 'Disekolahkan' ke Klub Lain

Marukawa hanya bermain di level kompetisi tingkat perguruan tinggi dari 2015 sampai 2019 bersama Chou University.

Setelahnya, Marukawa memutuskan pergi ke Eropa dan menjalani karier di negara kecil, Malta dari 2019 sampai 2021.

Lalu apa yang membuat Marukawa memilih untuk merantau ketimbang mencari klub di negara asalnya.

Jauh sebelum Marukawa menarik perhatian media milik pemerintah Jepang, NHK, Marukawa sempat diwawancari salah satu media yang cukup berpengaruh di Jepang, Mainichi Shimbun.

Dalam laporannya, The Mainichi Shimbun edisi online pada 26 Agustus 2021, mengungkap alasan Marukawa memilih berkarier di luar Jepang.

Tersirat Marukawa sepertinya ingin menyampaikan, dia merasa tidak cukup dihargai oleh klub-klub di negara asalnya.

"Saya tidak bisa menjadi seorang profesional di Jepang, tetapi saya ingin membuktikan kemampuan saya (di luar Jepang)," ungkap Marukawa.

Sejauh ini, Marukawa cukup berhasil untuk membuktikan ucapannya. Meski secara level kompetisi Indonesia masih di bawah Jepang, setidaknya Marukawa lebih dihargai di Indonesia ketimbang di Jepang.

Buktinya dia sekarang mulai gencar dirumorkan jadi target klub lain untuk direkrut, salah satu tim yang mulai dikaitkan dengan Marukawa adal Persib.

Terlepas dari benar atau tidaknya rumor tersebut, menarik ditunggu seperti apa keputusan Marukawa setelah kompetisi Liga 1 musim 2021-2022, bertahan di Persebaya atau mencoba tantangan di klub lain, atau bahkan di kompetisi negara lain? Kita tunggu saja.**

Follow Berita Republik Bobotoh di Google News

Penulis: Taufik | Editor: M Taufik

Piksi

Berita Terkini