Profil Pemain yang Gosipnya Diincar Persib: Pernah Membela Klub yang Sempat Bermarkas di Bandung

Profil Pemain yang Gosipnya Diincar Persib: Pernah Membela Klub yang Sempat Bermarkas di Bandung Aksi Ricky Kambuaya dalam laga Timnas Indonesia vs Malaysia di Piala AFF 2020 pada Desember 2021. (Affsuzukicup.com)

REPUBLIK BOBOTOH - Ricky Kambuaya jadi salah satu pemain yang menyita perhatian penggemar sepak bola di Indonesia sepanjang Liga 1 musim 2021-2022.

Bukan hanya kiprahnya bersama Persebaya, Ricky Kambuaya juga sukses mencuri perhatian di ajang Piala AFF 2020 yang digelar akhir 2021 hingga awal 2022 lalu, bersama timnas Indonesia.

Jangan heran jika Ricky Kambuaya menarik minat banyak klub. Salah satu gosip yang santer berkembang mengaitkan pemain berusia 25 tahun itu, dengan Persib Bandung.

Sebagai salah satu tim besar, Persib memang acap dihubungkan dengan pemain top meski tak semuanya tertarik atau bergabung dengan Maung Bandung.

BACA JUGA: Harapan Persib Datang di Laga Terakhir Liga 1, Robert Alberts: Terlambat


Yuk gabung channel whatsapp REPUBLIKBOBOTOH.COM untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Persib, Bobotoh, Liga 1, dan ragam berita menarik lainnya seputar Bandung Raya. Klik di sini (JOIN)


BACA JUGA: Persib vs Barito Putera Mengulang Pertemuan di Penghujung Liga 1 2018 yang Diwarnai Insiden Kontroversial

Ricky Kambuaya sendiri meski lahir dan besar di Papua, tetapi dia tidak memulai karier sepak bola profesionalnya bersama klub asal Bumi Cendrawasih.

Pemain kelahiran Sorong, 5 Mei 1996 itu, justru menapaki karier sepak bola dari level junior ke senior bersama Pro Duta FC.

Ricky Kambuaya menjalani karier bersama Pro Duta pada tahun 2015, klub yang sempat bermarkas di kota Bandung dan dimiliki eks pengurus Persib, Deni Susanto, sebelum pindah ke Sumatera Utara setelah diakuisisi Sihar Sitorus pada 2012 lalu.

Tahun 2017, Ricky Kambuaya memutuskan pindah ke PS Mojokerto Putra dan tampil cukup produktif. Lalu tahun 2019 gabung PSS Sleman hingga 2020 memutuskan ke Persebaya Surabaya.

Di Liga 1 musim 2021-2022, Ricky Kambuaya total sudah bermain 18 kali dengan mencetak 6 gol dan 2 assist.

Salah satu golnya diciptakan Ricky Kambuaya ke gawang Persib lewat aksi individual setelah melewati beberapa pemain Maung Bandung.

Jumlah bermain Ricky Kambuaya bersama Persebaya di Liga 1 musim ini, secara persetanse masih di bawah 60 persen.

Selain karena beberapa kali diganggu cedera, Ricky Kambuaya juga kerap harus kehilangan kesempatan bermain bersama Persebaya karena harus memenuhi panggilan membela timnas Indonesia.

Meski santer dikabarkan jadi target Persib, tetapi Direktur PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Teddy Tjahjono sudah menjawab soal rumor Ricky Kambuaya diincar Persib.

Teddy menegaskan Persib tidak sedang mencari pemain berposisi gelandang yang biasa diperankan oleh Ricky Kambuaya.

"Hoaks juga itu (kabar Persib datangkan Ricky Kambuaya). Saya tahu memang dia pemain bagus, pasti jadi rebutan," tegas Teddy dikutip dari Bola.com, Rabu 23 Maret 2022.

"Tapi, kami tidak membidiknya karena di posisi itu (gelandang) sudah banyak. Ada beberapa pemain di skuad kami yang ada di posisi itu," ujarnya.**

Follow Berita Republik Bobotoh di Google News

Penulis: Taufik | Editor: M Taufik

Piksi

Berita Terkini