5 Pemain Top yang Menolak Tawaran Persib, Nomor 1 Bikin Jengkel Bobotoh

5 Pemain Top yang Menolak Tawaran Persib, Nomor 1 Bikin Jengkel Bobotoh Ilustrasi Logo Persib. (Adam Husein/Republikbobotoh.com)

REPUBLIK BOBOTOH - Sebagai salah satu klub besar dengan jejak historis yang panjang, Persib Bandung selalu menjadi magnet bagi banyak pemain.

Setelah perlahan meninggalkan kesan kedaerahan yang menjadi citra klub-klub Perserikatan, Persib dikenal kerap memburu dan diburu pemain top.

Banyak pemain yang berangan-angan gabung ke Persib. Tidak mengherankan kalau Persib kerap dihuni nama-nama beken.

Seringkali di masa bursa transfer pemain, Persib dikait-kaitkan dengan para pemain top dan berpengalaman.

Seperti sekarang jelang Liga 1 musim 2022-2023, di mana Persib kerap dirumorkan bakal mendatangkan pemain bintang.


Yuk gabung channel whatsapp REPUBLIKBOBOTOH.COM untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Persib, Bobotoh, Liga 1, dan ragam berita menarik lainnya seputar Bandung Raya. Klik di sini (JOIN)


Hingga artikel ini dipublikasikan, Persib baru mendatangkan dua gelandang timnas Indonesia, Ricky Kambuaya dan Rachmat Irianto. Nama lain tentu akan menyusul hadir dan bergabung.

Tetapi tentu tidak semua nama-nama beken didatangkan. Jika bukan karena hanya sebatas isu, pemain tersebut gagal gabung karena memilih menolak.

BACA JUGA: Mohammed Rashid Raih Penghargaan di Tengah Isu Bakal Tinggalkan Persib

BACA JUGA: Aji Santoso Ungkap Fakta Mengejutkan di Balik Hengkangnya Taisei Marukawa dari Persebaya

Berikut beberapa nama pemain top dan berpengalaman yang memilih menolak tawaran Persib:

1. Patrick Cruz

Striker jebolan Sao Paulo FC seangkatan dengan Bruno Cantanhede, Patrick Cruz sempat dikabarkan telah sepakat gabung ke Persib jelang bergulirnya kompetisi Liga 1 musim 2017.

Bahkan manajemen Persib kala itu sudah menyatakan, Patrick Cruz bakal berseragam Maung Bandung. Kabar tersebut sontak disambut gembira oleh bobotoh.

Tapi alih-alih gabung ke Persib, Patrick Cruz malah 'membelot' ke Liga Vietnam untuk menerima pinangan Saigon FC. Keputusan pemain yang penampilannya menyita perhatian publik sepak bola Indonesia bersama Mitra Kukar di ajang Piala Sudirman membuat bobotoh murka dan menghujat Patrick Cruz.

Dia kemudian membuat video pernyataan maaf kepada bobotoh. Dalam video tersebut, Patrick Cruz juga meminta maaf kepada Glenn Sugita, Komisaris Utama PT PBB dan Komisaris PT PBB yang saat itu juga menjabat Manajer, Umuh Muchtar.

2. Vitor Saba

Selain Patrick Cruz, pada awal 2017, Persib juga gagal mendatangkan mantan pemain Flamengo dan Brescia, Vitor Saba. Gelandang asal Brasil itu memilih berkarier di Liga Belanda bersama Fortuna Sittard.

Tapi sebelum diumumkan batal gabung ke Persib, agen pemain Gabriel Budi yang mencoba memfasilitasi perekrutan Vitor Saba menyatakan, keputusan kliennya tidak jadi menerima tawaran Persib karena alasan harus menemani istrinya yang sedang mengandung meski secara nilai kontrak yang ditawarkan Persib tidak masalah.

Karier Vitor Saba sendiri sebagai pesepakbola tidak berjalan mulus. Bahkan, pada tahun 2019 dia memutuskan untuk pensiun di usianya yang terbilang masih kompetitif.

Belakangan Vitor Saba melanjutkan karier sebagai agen pemain sepak bola yang membuatnya terhubung dengan beberapa pemain di Liga top Eropa.

3. Greg Nwokolo

Persib sempat ngebet mendatangkan Greg Nwokolo ketika penyerang naturalisasi itu, sedang berada di masa terbaik pada kompetisi ISC tahun 2016.

Tidak diketahui alasan pasti mengapa Greg menolak tawaran Persib dan memilih kembali berkarier bersama Persija setelah kontraknya di klub Thailand, BEC Tero Sasana, berakhir.

4. Hamka Hamzah

Hamka Hamzah dalam wawancara di channel YouTube Yana Umar sempat mengungkapkan fakta dia nyaris bergabung dengan Persib pada tahun 2012 atau jelang bergulirnya ISL musim 2013.

Pemain yang dikenal bengal itu mengakui adanya pertemuan dengan Manajer Persib saat itu, Umuh Muchtar di salah satu hotel di kota Solo, saat menjalani pemusatan latihan bersama timnas Indonesia.

Bahkan Hamka mengaku, jauh sebelum itu, dia juga sempat diajak Arcan Iurie yang menangani Persib pada 2006 sampai 2007. Tetapi yang paling nyaris terealisasi adalah saat menjelang ISL musim 2013.

"Berlanjut selalu ada tawaran sampai ada 2013, waktu zaman Firman Utina. Itu zaman Rahmad Darmawan, kalau gak salah RD mau ke Timnas U-23 pas senior Wim Rijsbergen, itu satu kota TC-nya dan ketemu di Hotel Paragon," kata Hamka.

"Di situ ada Firman, Ridwan, Supardi, sama RD dan, maaf Pak Haji (Umuh Muchtar) sudah nego, itu langsung ketemu di Solo sebelum berangkat ke Iran, dan kami ngobrol dan Pak Haji datang menanyakan satu persatu," tambahnya.

"Dimana mana saya selalu ada DP, DP yang saya inginkan itu belum bisa sesuai dan belum bisa dibawa ke Solo. Karena saya takutnya bukan saya gak percaya, tapi semua tim saya percaya, tapi ketika jadwal pelunanasn tidak sesuai, nanti saya akan nanya terus, kapan, nanti meleset kan gak enakan, itu saya kan bisa awalnya hubungan yang baik bisa ini (jelek). Itu saya yang jaga,"

"Itu hal yang wajar lah, kata Pak Haji oke pulang dari Iran saja. Eh pas di Iran sudah dihubungi Mitra Kukar, cuman saya awalnya gak tahu Mitra Kukar tapi saya pernah main di Persisam kan, ya sudah saya bilang pulang dari Iran aja siapa duluan yang datang ngasih kontrak. Itu kejujuran," bebernya.

5. Ronaldinho

Legenda sepak bola Brasil dan Barcelona, Ronaldinho diketahui sempat menjadi target perekrutan Persib jelang kompetisi Liga 1 musim 2017.

Peraih penghargaan pemain terbaik dunia dua kali itu, diakui Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Umuh Muchtar sempat dibujuk untuk berkarier di Indonesia bersama Persib.

Saat itu, sepak bola Indonesia baru terbebas dari hukuman FIFA dan kembali menggelar kompetisi resmi.

Klub-klub ramai mendatangkan marquee player atau pemain yang sempat berkarier di kompetisi top Eropa serta tampil di Piala Dunia.

Upaya Persib akhirnya gagal, karena Ronaldinho yang sudah pensiun dari sepak bola menolak dan memilih bekerja sebagai duta bagi mantan klubnya, Barcelona.

Pilihan Persib kemudian jatuh kepada legenda Chelsea dan Ghana, Michael Essien. Selain Essien, Persib juga memboyong eks pemain Chelsea lainnya yang juga sempat bermain bersama West Ham United, Carlton Cole.**

Follow Berita Republik Bobotoh di Google News

Penulis: Taufik | Editor: M Taufik

Piksi

Berita Terkini