Benarkah Stadion GBLA tak Layak Dipakai Persib untuk Pertandingan Liga 1?

Benarkah Stadion GBLA tak Layak Dipakai Persib untuk Pertandingan Liga 1? Stadion GBLA. (Diskominfo Kota Bandung)

REPUBLIK BOBOTOH - Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung, Ema Sumarna, mengeklaim Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) cukup layak digunakan, termasuk menggelar pertandingan Liga 1. Stadion GBLA rencananya akan digunakan Persib untuk pertandingan Liga 1 musim depan.

Hal itu disampaikan Ema untuk merespons penilaian miring atas kondisi Stadion GBLA yang dinilai memerlukan banyak perbaikan untuk bisa kembali memenuhi standar layak pakai.

Ema mengakui, Stadion GBLA memang memerlukan perbaikan. Tetapi masalah fisik bangunan maupun fasilitas Stadion GBLA terbilang minor dan proses perbaikannya tidak memerlukan waktu lama.

Baca Juga : Fitrul Dwi Rustapa Bicara Persaingan di Posisi Penjaga Gawang Persib

Konstruksi bangunan Stadion GBLA dan juga rumput lapangan Stadion GBLA, kata Ema, masih dalam kondisi layak digunakan.


Yuk gabung channel whatsapp REPUBLIKBOBOTOH.COM untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Persib, Bobotoh, Liga 1, dan ragam berita menarik lainnya seputar Bandung Raya. Klik di sini (JOIN)


Artinya, perbaikan yang nanti diperlukan tidak mengurangi kelayakan stadion untuk digunakan sebagai markas Persib Bandung.

"Kabar membahagiakan, karena fasilitasnya masih cukup terawat. Secara umum, orang masuk sini masih (merasa) layak. Tinggal dijaga saja kebersihannya," kata Ema saat meninjau Stadion GBLA dikutip dari rilis yang diterima REPUBLIKBOBOTOH.COM, Kamis 19 Mei 2022.

Ema menegaskan, sekecil apapun masalah terkait kontruksi bangunan Stadion GBLA, harus bisa diperbaiki agar memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat yang hadir di Stadion GBLA untuk menonton sepak bola maupun kegiatan lain.

Ema optimistis, Stadion GBLA akan kembali dirasakan dampak positifnya oleh masyarakat, terutama warga sekitar ketika kembali menggelar pertandingan Liga 1.

Baca Juga : Hasil Semifinal Sepak Bola SEA Games Indonesia U-23 vs Thailand U-23

Sekadar mundur ke belakang, Stadion GBLA sempat diproyeksikan jadi homebase Persib di Liga 1 musim 2020, tetapi kemudian gagal karena saat itu, Pemkot Bandung hanya mengizinkan pemanfaatannya untuk latihan bukan pertandingan.

"Apapun yang menjadi potensi ketidaknyamanan di stadion ini harus tereduksi," ucapnya.

Sementara Pemkot Bandung sendiri menargetkan proses proses lelang Kerja Sama Pemeliharaan (KSP) selesai pada bulan Juli atau Agustus 2022 mendatang.

"Saat ini dari 18 tahapan (proses lelang) dan kami masih terus berproses. Di bulan Juli dan Agustus sudah ada siapa mitra Pemkot Bandung," ujar Ema.

Baca Juga : Persib Jajaki Uji Coba Pramusim Liga 1 Lawan Klub Singapura

Sekadar mundur ke belakang, Stadion GBLA sempat diproyeksikan jadi homebase Persib di Liga 1 musim 2020, tetapi kemudian gagal karena saat itu, Pemkot Bandung hanya mengizinkan pemanfaatannya untuk latihan bukan pertandingan.

Penyebabnya karena ketika itu, Pemkot Bandung sedang membereskan masalah penyerahan aset berupa tribun penonton dari pengembang buntut belum lunasnya pembayaran proyek pembangunan tahap kedua.

Seiring waktu, masalah utang Pemkot Bandung sebesar Rp10 miliar akhirnya dituntaskan melalui APBD Perubahan 2020 setelah sebelumnya berkonsultasi dengan DPRD Kota Bandung.**

TONTON VIDEONYA DI YOUTUBE RBCOM TV

Follow Berita Republik Bobotoh di Google News

Penulis: Taufik | Editor: M Taufik

Piksi

Berita Terkini