Cerita Robby Darwis 'Hajar' Shin Tae-yong: Tong Loba Gaya

Cerita Robby Darwis 'Hajar' Shin Tae-yong: Tong Loba Gaya Dua legenda Persib, Robby Darwis dan Gatot Prasetyo saat menjalani kursus lisensi B Diploma yang digelar PSSI pada bulan Maret 2020. (PSSI)

REPUBLIK BOBOTOH - Legenda Persib Bandung dan sepak bola nasional, Robby Darwis ternyata memiliki pengalaman menarik dengan pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

Pengalaman dengan Shin Tae-yong, dialami Robby Darwis ketika keduanya berduel di lapangan dalam pertandingan Liga Champions Asiamusim 1995-1996 yang ketika itu, masih bertitel Piala Champions Asia.

Robby Darwis yang membela Persib dengan pasukan 100 persen lokal menghadapi jawara Korea Selatan dan salah satu tim yang disegani di Asia saat itu, Ilhwa Chunma.

Baca Juga : Ciro Alves Merasa Terganggu, Ini Penyebabnya

Pertemuan Persib vs Ilhwa Chunma terjadi di babak perempat final grup regional timur dengan format round robin yang digelar di Stadion Siliwangi, Kota Bandung, pada 28 November 1995. Akhir laga Persib kalah 2-5 dari Ilhwa Chunma.


Yuk gabung channel whatsapp REPUBLIKBOBOTOH.COM untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Persib, Bobotoh, Liga 1, dan ragam berita menarik lainnya seputar Bandung Raya. Klik di sini (JOIN)


Selain Persib yang bertindak sebagai tuan rumah, di grup regional timur juga dihuni juara Jepang, Verdy Kawasaki dan jagoan Thailand, Thai Farmers Bank.

Dalam pertandingan tersebut, kata Robby, permainan Shin Tae-yong di lini tengah Ilhwa Chunma memang sangat merepotkan para pemain Persib.

Karenanya dalam satu momen kesempatan, Robby Darwis terpaksa harus menghentikan pergerakan Shin Tae-yong dengan tekel keras. Robby Darwis mengakui Shin Tae-yong saat itu, merupakan salah satu pemain dengan kemampuan yang sangat menonjol.

Baca Juga : Akan Boyong Keluarga ke Bandung, Ciro Alves Masih Menimbang Antara Rumah atau Apartemen

"Ya kumaha ya, dulu Persib kan (lawan) klub dari Korea, Ilhwa Chunma itu. Dia (Shin Tae-yong) main, karena dulu (saya main) di belakang, dia mungkin gelandang serang atau apa memang bagus lah," cerita Robby dalam acara Piriwit Biru yang tayang di kanal YouTube REPUBLIKBOBOTOH TV pada Rabu 25 Mei 202.

"Ya kan kita harus bisa jangan sampai dia ya istilahnya tong loba gaya teuing lah," ujar Robby Darwis dengan gelak tawa mengenang kontak fisik dengan Shin Tae-yong di lapangan.

Robby Darwis sendiri mengaku secara personal tak mengenal dekat Shin Tae-yong. Tetapi akan sangat menarik jika dia dipertemukan dengan Shin Tae-yong untuk berbagi cerita pengalaman masa lalu pertemuan Persib dengan Ilhwa Chunma di Stadion Siliwangi.

"Gak kenal, lamun diobrolkeun, kalau dia bahasa Korea, saya bahasa Sunda, ya nggak bakal nyambung juga," ungkap Robby Darwis terkekeh.**

TONTON VIDEONYA DI YOUTUBE RBCOM TV

Follow Berita Republik Bobotoh di Google News

Penulis: Taufik | Editor: M Taufik

Piksi

Berita Terkini