Fokus Liga dan Turnamen Pramusim, PSSI 'Kurang Niat' Gelar Piala Indonesia?

Fokus Liga dan Turnamen Pramusim, PSSI 'Kurang Niat' Gelar Piala Indonesia? Ilustrasi, selebrasi para pemain PSM Makassar saat juara Piala Indonesia musim 2018-2019. (PSSI)

REPUBLIK BOBOTOH - PSSI nampaknya belum tertarik untuk menggelar kembali turnamen resmi Piala Indonesia dan beralasan lebih fokus ke penyelenggaraan Liga 1 dan Liga 2.

Turnamen pramusim yang akan digelar mulai 11 Juni 2022 mendatang, juga tak kalah membetot perhatian PSSI, karena penyelenggaraannya bisa menentukan upaya membawa kembali suporter ke stadion di kompetisi resmi, baik Liga 1, Liga 2 maupun Liga 3.

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan menjawab 'diplomatis' saat disinggung kemungkinan menggelar kembali Piala Indonesia di sela penyelenggaraan Liga.

Baca Juga : Begini Format Liga 1 dan Liga 2 Musim Depan

"Piala Indonesia akan dikaji setelah Liga 1 berjalan nanti," kata Mochamad Iriawan kepada wartawan saat Kongres Biasa PSSI di Bandung, Senin 30 Mei 2022.


Yuk gabung channel whatsapp REPUBLIKBOBOTOH.COM untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Persib, Bobotoh, Liga 1, dan ragam berita menarik lainnya seputar Bandung Raya. Klik di sini (JOIN)


"Yang jelas sekarang penyesuaian untuk Liga 1 dan 2 adalah turnamen pramusim dengan penonton. Dengan semua regulasi yang dilakukan percobaannya di turnamen pramusim," kata Iriawan.

Dalam sejarahnya, Piala Indonesia bisa dibilang jadi turnamen yang penyelenggaraannya seperti kurang niat karena tidak rutin digelar.

Terakhir Piala Indonesia dilaksanakan pada 2019 dan tidak digelar pada 2020 dan 2021, karena PSSI maupun PT LIB sudah cukup disibukan menggelar Liga.

Sebelum itu, sejak pertama kali digelar pada tahun 2005, Piala Indonesia juga sempat vakum digelar pada rentang 2013 sampai 2017.

Baca Juga : PSSI Bahas Peluang Indonesia Gantikan China Jadi Tuan Rumah Piala Asia 2023

PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) sendiri sudah merumuskan seperti apa format kompetisi di level Liga 1 dan Liga 2 musim depan.

Untuk Liga 1, tetap akan menerapkan sistem kompetisi penuh. Tetapi berbeda dengan musim lalu, Liga 1 musim ini akan dikembalikan ke format lama yakni home and away, tidak lagi menggunakan bubble atau gelembung.

Yang menjadi perhatian PSSI dan PT LIB sekarang adalah mengurus izin dari pemerintah, termasuk upaya menghadirkan kembali suporter untuk menonton langsung di stadion.

Lalu untuk kompetisi Liga 2, mengalami perubahan dan kemungkinan besar menerapkan format 2 wilayah.

Pada Liga 2 musim lalu, 24 klub peserta dibagi ke dalam 4 grup yang masing-masing dihuni 6 tim.**

Follow Berita Republik Bobotoh di Google News

Penulis: Raffy Faraz | Editor: M Taufik

Piksi

Berita Terkini