Stadion GBLA Ditutup, Persib Terancam Jadi Tim Musafir

Stadion GBLA Ditutup, Persib Terancam Jadi Tim Musafir Stadion GBLA. (Adam Husein/Republik Bobotoh)

REPUBLIK BOBOTOH - Persib Bandung untuk sementara tidak bisa menggunakan Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), karena sampai sekarang masih ditutup kepolisian.

Penutupan sementara Stadion GBLA dilakukan kepolisian terkait proses penyelidikan dan penyidikan yang sedang dilakukan pascaperistiwa memilukan yang terjadi saat laga Persib vs Persebaya di Piala Presiden 2022.

Seperti diketahui 2 orang bobotoh meninggal akibat berdesakan dan terinjak-injak di pintu masuk tribune Stadion GBLA sebelum laga Persib vs Persebaya digelar pada Jumat 17 Juni 2022.

Karena penutupan sementara itu juga, Persib memilih menjalani uji coba di Bogor. Persib rencananya akan melakoni uji coba pada 12 Juli dan 16 Juli 2022.

Baca Juga : Pelatih Persib Merasa Iri Melihat Tim Lain, Ini Penyebabnya


Yuk gabung channel whatsapp REPUBLIKBOBOTOH.COM untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Persib, Bobotoh, Liga 1, dan ragam berita menarik lainnya seputar Bandung Raya. Klik di sini (JOIN)


Namun baru pertandingan pada tanggal 16 Juli 2022, lawan Persikabo 1973 yang sudah terkonfirmasi bakal dilaksanakan.

Sedangkan laga kontra RANS Nusantara FC batal, dan Persib mempertimbangkan untuk mengajak Dewa United atau Persita Tangerang sebagai lawan pengganti.

Ditutupnya Stadion GBLA disampaikan oleh pelatih Persib, Robert Alberts kepada wartawan pada Jumat 8 Juli 2022.

"Karena untuk saat ini GBLA masih ditutup oleh kepolisian. Dan Persikabo pernah datang ke sini, jadi ini waktunya bagi kami untuk pergi ke sana juga," kata Robert.

Baca Juga : Ciro Alves dan David da Silva Menepi, Persib Butuh Striker Anyar

Sekarang, muncul pertanyaan jika Stadion GBLA masih ditutup sampai bergulirnya kompetisi Liga 1 musim 2022-2023, di mana Persib akan melakoni laga kandang.

Persib seperti diketahui dijadwalkan akan melakoni laga pertama Liga 1 musim 2022-2023, dengan tandang ke markas Bhayangkara FC pada Minggu 24 Juli 2022.

Setelah itu, Persib akan menjalani laga kandang melawan Madura United FC pada Sabtu, 30 Juli 2022.

Persib sendiri mengajukan Stadion GBLA sebagai homebase di Liga 1 musim 2022-2023, tetapi insiden yang terjadi pada 17 Juni 2022, bukan tidak mungkin berimbas pada status Stadion GBLA sebagai markas Persib.

Baca Juga : Ciro Alves dan David da Silva Menepi, Persib Butuh Striker Anyar

Selain sisi keamanan, apalagi jika pertandingan digelar pada malam hari, isu lain yang membuat Stadion GBLA kerap disorot adalah kondisi fisik bangunannya yang di beberapa titik mengalami kerusakan dan memerlukan perbaikan.

Jika Stadion GBLA akhirnya tak bisa dipakai sementara hingga kompetisi bergulir, Persib tentu terpaksa harus angkat kaki dan memilih stadion lain sebagai kandang.

Opsi terbaik yang bisa diambil Persib adalah memakai markas klub tetangga, Persikab yakni Stadion si Jalak Harupat di Kabupaten Bandung.

Kemungkinan lain, bisa saja Persib harus bertanding di luar Bandung seperti pernah dilakukan Maung Bandung beberapa tahun lalu yang sempat melakoni laga kandang di Stadion Wibawa Mukti, Kabupaten Bekasi.

Sejauh ini, belum ada pernyataan resmi dari manajemen Persib soal penutupan sementara Stadion GBLA, apakah akan berdampak pada statusnya sebagai homebase Persib di Liga 1 2022-2023 atau tidak.**

TONTON VIDEONYA DI YOUTUBE RBCOM TV

Follow Berita Republik Bobotoh di Google News

Penulis: Taufik | Editor: M Taufik

Piksi

Berita Terkini