Cegah Penonton Tanpa Tiket, Panpel Persib Terapkan Skrining Berlapis, Begini Cara Kerjanya

Cegah Penonton Tanpa Tiket, Panpel Persib Terapkan Skrining Berlapis, Begini Cara Kerjanya Ilustrasi, antrean bobotoh di pintu masuk Stadion GBLA. (MO Persib)

REPUBLIK BOBOTOH - Persib Bandung dipastikan bisa menggelar pertandingan kandang di Liga 1 musim 2022-2023 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA).

Itu setelah Persib mendapatkan izin menggunakan Stadion GBLA dari Polda Jawa Barat, serta rekomendasi dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terkait kelayakan kondisi bangunan stadion.

Kini banyak pihak wanti-wanti mengharapkan Persib bisa jadi penyelenggara pertandingan pertandingan yang lebih baik, terutama dalam menjamin keamanan dan kenyamanan penonton.

Masalah keamanan menjadi isu yang disorot dalam pertandingan kandang Persib, setelah tragedi maut meninggalnya 2 orang bobotoh saat berdesak-desakan di pintu masuk tribune penonton Stadion GBLA jelang laga Persib vs Persebaya di Piala Presiden 2022 pada 17 Juni 2022 lalu.

Baca Juga : PSSI Buat Terobosan Baru untuk Menjaga Kualitas Wasit di Liga 1


Yuk gabung channel whatsapp REPUBLIKBOBOTOH.COM untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Persib, Bobotoh, Liga 1, dan ragam berita menarik lainnya seputar Bandung Raya. Klik di sini (JOIN)


Sejumlah syarat terkait keamanan pertandingan harus dipatuhi Panitia Pelaksana (Panpel) Persib. Salah satunya proses skrining atau penyaringan penonton yang nantinya akan dilakukan secara berlapis.

Dikutip dari website Persib, dengan menerapkan skrining secara berlapis, diharapkan bisa mencegah penonton tanpa tiket masuk ke ring 1 atau dalam areal dalam Stadion GBLA.

"Apabila ditemukan tidak memiliki tiket, bobotoh tersebut akan langsung diminta pulang dan disarankan menonton dan mendukung Persib dari rumah. Hal ini dilakukan untuk menghindari kerumunan bobotoh yang tidak memiliki tiket." tulis website Persib dalam laporannya.

"Untuk proses skrining pertama akan dilakukan di beberapa titik di sekitar Gedebage yang menjadi akses utama menuju Stadion GBLA seperti Jalan Cimencrang/Masjid Al Jabbar, akses dari arah Sapan, Ciwastra, Gedebage, dan Rancaekek."

Baca Juga : Polisi Bakal Tindak Tegas Calo Tiket Pertandingan Persib

"Skrining kedua akan dilakukan di Gerbang Utara (dekat Gate S, T, P, Q), Gerbang Timur (dekat M, L), Gerbang Selatan (akses masuk tim Panpel & VVIP yang memiliki ID Card resmi)."

"Panpel Persib juga akan membuka lebih banyak pintu dan membukanya 3 jam sebelum kick-off pertandingan untuk menghindari penumpukan dan antrean bobotoh yang akan masuk ke dalam stadion."

"Sedangkan skrining akhir dilakukan petugas yang didampingi aparat keamanan dengan melakukan scan barcode pada tiket fisik yang telah diverifikasi."

Baca Juga : Tekad Manajemen Hilangkan Penonton Tak Bertiket dan Praktik Suap di Laga Persib

"Selanjutnya ada body checking secara detail dan ketat kepada seluruh bobotoh yang akan masuk ke dalam stadion agar tidak membawa flare, kembang api, senjata tajam dan barang-barang terlarang lain yang dapat mengganggu pertandingan."

Dengan menerapkan skrining berlapis dan pengawasan yang lebih ketat, diharapkan bisa meminimalisasi praktik nakal para penjaga pintu yang memasukkan penonton tanpa tiket dengan cara menyuap.

Setelah tandang ke markas Bhayangkara FC pada Minggu 24 Juli 2022, Persib akan melakoni pertandingan kandang pertama di Liga 1 musim 2022-2023 menghadapi Madura United pada Sabtu, 30 Juli 2022 mendatang.**

TONTON VIDEONYA DI YOUTUBE RBCOM TV

Follow Berita Republik Bobotoh di Google News

Penulis: Taufik | Editor: M Taufik

Piksi

Berita Terkini