Bicara Perkembangan Sepak Bola Indonesia, Luis Milla Singgung Pelatih Persija dan Kenangan Masa Lalu

Bicara Perkembangan Sepak Bola Indonesia, Luis Milla Singgung Pelatih Persija dan Kenangan Masa Lalu Luis Milla. (Adam Husein/Republik Bobotoh)

REPUBLIK BOBOTOH - Pelatih anyar Persib, Luis Milla Aspas menilai perkembangan sepak bola Indonesia amatlah pesat dari musim ke musimnya. Hal itu dinilai Luis Milla disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya kepercayaan tim-tim di Indonesia terhadap pelatih asing, termasuk pelatih asal Eropa.

Baginya, sepak bola di Benua Biru memang menjadi kiblat bagi negara sepak bola lainnya. Hal tersebut tak lepas dari kualitas sepak bola Eropa yang baik dan terbukti selalu mentas dalam ajang bergengsi antar negara.

Dengan hadirnya pelatih kawakan asal Eropa di Indonesia, tentu disebut Luis Milla akan berdampak terhadap perkembangan sepak bola itu sendiri. Seperti yang sudah ia ketahui, cukup banyak pelatih ternama asal Eropa di Indonesia, salah satunya Thomas Doll.

Baca Juga : Reaksi Pemain Bali United setelah Persib Datangkan Luis Milla

Ia mengaku sangat hormat kepada Thomas Doll karena datang di era yang sama ketika aktif bermain. Saat itu Doll berseragam Lazio dan Luis Milla tengah membela Real Madrid.


Yuk gabung channel whatsapp REPUBLIKBOBOTOH.COM untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Persib, Bobotoh, Liga 1, dan ragam berita menarik lainnya seputar Bandung Raya. Klik di sini (JOIN)


Keberadaan Doll disebut pelatih asal Spanyol itu memberikan warna terhadap permainan Persija. Apalagi hal itu ditunjang dengan hadirnya sejumlah pemain asal Eropa lainnya seperti Ondrej Kudela, Hanno Behrens, dan Michael Krmencik.

"Saya sangat menghormati Thomas Doll karena datang dari era yang sama. Ketika Thomas Doll di Italia, saya bermain di Real Madrid. Saya sudah melihat adanya perubahan di tim Persija dengan gaya bermain yang berbeda, pemain-pemain mereka juga dari Eropa sana," kata pria berusia 56 tahun itu dalam sesi jumpa pers, Senin, 22 Agustus 2022.

Tak hanya Doll, kehadiran pelatih Eropa lainnya seperti Eduardo Almeida, Milomir Seslija, dan Bernardo Tavares juga membuat karakter peserta Liga 1 lebih beragam.

Ia berharap keberadaan sejumlah pelatih asing asal Eropa dapat membangun ekosistem sepak bola yang baik, demi meningkatkan prestasi Indonesia di kancah dunia.

Baca Juga : Komentar Pertama Luis Milla dan Alasan Terima Pinangan Persib

"Sangat positif untuk liga Indonesia dengan adanya tim yang mendatangkan Eropa, itu bukan hanya permainan sepakbolanya tapi juga membangun sebuah ekosistem dan pelatih di Indonesia lebih terbuka lagi dengan ide dan style sepakbola yang baru dan yang tujuannya memajukan sepakbola Indonesia," tutup Luis Milla.**

TONTON VIDEONYA DI YOUTUBE RBCOM TV

Follow Berita Republik Bobotoh di Google News

Penulis: Raffy Faraz | Editor: Helmi M Permana

Piksi

Berita Terkini