Nasib 3 Pelatih asal Spanyol Pendahulu Luis Milla di Liga 1

Nasib 3 Pelatih asal Spanyol Pendahulu Luis Milla di Liga 1 Eduardo Perez, mantan pelatih PSS Sleman yang sempat jadi asisten Luis Milla saat menangani Timnas Indonesia. (PSSI)

REPUBLIK BOBOTOH - Luis Milla tercatat jadi pelatih Spanyol pertama yang menangani Persib Bandung, tetapi bukan satu-satunya pelatih asal Negeri Matador yang pernah berkiprah di Liga Indonesia.

Sebelum Luis Milla ditunjuk jadi pelatih Persib, tercatat ada tiga pelatih asal Spanyol yang menangani klub Liga 1.

Meski Spanyol merupakan salah satu negara penghasil pelatih berkualitas, tetapi sejauh ini, belum ada pelatih asal Negeri Matador yang meraih kesuksesan di Liga 1 Indonesia.

Baca Juga : Luis Milla Diyakini Bisa Beradaptasi dengan Cepat di Persib, Ini Alasannya

Berikut tiga pelatih asal Spanyol pendahulu Luis Milla di Liga 1:


Yuk gabung channel whatsapp REPUBLIKBOBOTOH.COM untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Persib, Bobotoh, Liga 1, dan ragam berita menarik lainnya seputar Bandung Raya. Klik di sini (JOIN)


1. Rafael Berges

Rafael Berges pelatih kelahiran Cordoba, Spanyol, 21 Januari 1971, memiliki pengalaman yang terbilang cukup panjang melatih klub sebelum dia datang ke Indonesia pada akhir tahun 2017.

Rafael Berges yang juga cukup berpengalaman saat aktif bermain, salah satunya meraih emas Olimpiade 1992 bersama Timnas Spanyol U-23, dipercaya jadi pelatih Mitra Kukar jelang bergulirnya Liga 1 musim 2018.

Rafael Berges memutuskan mundur dari jabatannya di tengah-tengah kompetisi Liga 1 musim 2018 berjalan, tepatnya pada pertengahan bulan Juli 2018. Dia sempat kembali melatih Mitra Kukar di Liga 2 musim 2019.

Selain Mitra Kukar, Rafael Berges juga sempat membesut klub Liga Indonesia lainnya, Badak Lampung FC yang merupakan hasil transformasi dari Perseru Serui.

Baca Juga : Jadwal Pertandingan Pekan 7 Liga 1, Ada Duel Klasik PSM vs Persib dan Arema vs Persija

2. Julio Banuelos Saez

Julio Banuelos Saez, mantan pelatih klub Spanyol Deportivo Alaves dan asisten pelatih Leeds United di era pelatih Thomas Christiansen, sempat menukangi Persija Jakarta di Liga 1 musim 2019.

Meski memiliki pengalaman lumayan panjang melatih sejumlah melatih sejumlah klub di Spanyol dan Siprus, tetapi Julio Banuelos gagal mengangkat prestasi Persija yang ketika di eranya malah berkutat di papan bawah.

Posisi Julio Banuelos di kursi pelatih Persija akhirnya lengser dan digantikan Edson Tavarez. Tercatat Banuelos hanya membawa Persija 18 kali bertanding dengan masing-masing lima kemenangan dan kekalahan serta delapan hasil imbang.

Sebelum membesut Persija, Julio Banuelos adalah asisten pelatih Luis Milla di Timnas Indonesia.

Baca Juga : Penampilan Daisuke Sato Bersama Persib Disorot, Begini Komentar Bobotoh

3. Eduardo Perez

Eduardo Perez sempat menjadi asisten Luis Milla di Timnas Indonesia sebelum kariernya di Indonesia berlanjut dengan menangani PSS Sleman jelang bergulirnya Liga 1 musim 2020.

Tetapi sekira sepekan sebelum Liga 1 musim 2020 bergulir, Eduardo Perez malah memutuskan mundur dari posisi pelatih PSS. Awalnya banyak yang menilai Eduardo Perez mundur karena hasil tak maksimal dalam laga uji coba lawan Persib, kalah 0-2 dan Persipura, imbang 1-1.

Dia beralasan memutuskan mundur dari kursi pelatih PSS karena tak sependapat dengan manajemen klub terkait kebijakan yang bersifat teknis.**

TONTON VIDEONYA DI YOUTUBE RBCOM TV

Follow Berita Republik Bobotoh di Google News

Penulis: Taufik | Editor: M Taufik

Piksi

Berita Terkini