Timnas Indonesia Satu Grup dengan Thailand di Piala AFF 2022, Begini Reaksi Shin Tae-yong dan Ketua Umum PSSI

Timnas Indonesia Satu Grup dengan Thailand di Piala AFF 2022, Begini Reaksi Shin Tae-yong dan Ketua Umum PSSI Timnas Indonesia akan melawan Curacao di laga FIFA Match Day yang akan dilangsungkan di GBLA dan JIS. (PSSI)

REPUBLIK BOBOTOH - Timnas Indonesia berada satu grup bersama Thailand pada turnamen Piala AFF 2022. Dalam drawing yang digelar di Bangkok, Thailand, Selasa 30 Agustus 2022, Timnas Indonesia tergabung di Grup A bersama Filipina, Kamboja, Thailand, dan pemenang playoff Brunei Darussalam atau Timor Leste.

Tergabung bersama salah satu raksasa sepak bola Asia Tenggara, pelatih Shin Tae-yong tak menutup mata soal kekuatan tim Gajah Putih. Thailand selaku juara bertahan Piala AFF, kata Shin Tae-yong, akan menjadi lawan terberat Timnas Indonesia.

"Thailand tentu menjadi lawan paling kuat di grup. Meski begitu kami juga tetap waspadai semua lawan kita," ujar Shin Tae-yong dikutip dari laman resmi PSSI.

Baca Juga : Dokter Tim Persib Mohon Doa dan Jelaskan Kondisi Kesehatan Luis Milla

"Untuk pemilihan pemain saya akan memilih pemain terbaik kondisinya dan tentu ada pemain naturalisasi. Apalagi saat ini Sandy Wals, Jordy Amat, dan Shayne Pattiname masih dalam proses naturalisasi. Kami berharap ketiganya dapat segera bergabung bersama Timnas Indonesia," imbuhnya.


Yuk gabung channel whatsapp REPUBLIKBOBOTOH.COM untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Persib, Bobotoh, Liga 1, dan ragam berita menarik lainnya seputar Bandung Raya. Klik di sini (JOIN)


Sementara itu, ketua umum PSSI, Mochamad Iriawan menilai bahwa kekuatan sepak bola negara-negara Asia Tenggara sudah mengalami perubahan.

Mantan Kapolda Metro Jaya dan Jawa Barat inipun berharap Timnas Indonesia tidak meremehkan lawan-lawannya.

"Kekuatan semua negara-negara di Asia Tenggara saat ini hampir mengalami perkembangan. Kita satu grup dengan juara bertahan Thailand, tentu harus membalas kekalahan saat final AFF 2020 lalu dan jangan meremehkan kekuatan negara-negara lain yang di grup A," kata Iriawan.

"Saya berharap pelatih Shin Tae-yong sudah mulai memantau pemain-pemain terbaik yang ada dikompetisi Liga 1 dan kompetisi yang ada di luar negeri. Ajang Piala AFF 2022 bisa dijadikan persiapan untuk menghadapi Piala Asia 2023 mendatang," tambahnya.

Terimakan Hasil Drawing Piala AFF 2022

Pelatih Shin Tae-yong juga mengomentari terkait drawing Piala AFF 2022. Ia mengatakan bahwa hasil drawing cukup baik untuk Timnas Indonesia.

Ia juga tak masalah sistem saat ini menjadi dua home dan dua away di babak penyisihan serta semifinal dan final home away.

Baca Juga : Direktur PT PBB Minta Maaf setelah Kekalahan Memalukan Persib dari PSM

"Awalnya saya bingung kenapa Indonesia berada di POT ketiga pada drawing ini, namun setelah dijelaskan bahwa penilaiannya dari dua event AFF sebelumnya jadi baru paham. Saya akan mempersiapkan Timnas Indonesia dengan baik serta maksimal agar meraih juara Piala AFF 2022," kata Shin Tae-yong.

Piala AFF 2022 direncanakan akan dimulai pada 20 Desember 2022 hingga 23 Januari 2023. Pada edisi Piala AFF 2020 sebelumnya, Indonesia meraih runner-up.

Berikut hasil drawing Piala AFF 2022

Grup A

Thailand

Filipina

Indonesia

Kamboja

Brunei/Timor Leste

Grup B

Vietnam

Malaysia

Singapura

Myanmar

Laos

TONTON VIDEONYA DI YOUTUBE RBCOM TV

Follow Berita Republik Bobotoh di Google News

Penulis: Helmi MP | Editor: Helmi M Permana

Piksi

Berita Terkini