Kuasai Beberapa Bahasa, Ini Yang Paling Sulit Menurut Asisten Pelatih Persib

Kuasai Beberapa Bahasa, Ini Yang Paling Sulit Menurut Asisten Pelatih Persib Manuel Perez Cascallana memberikan instruksi kepada pemain Persib pada latihan di Lapangan Sidolig, Selasa 13 September 2022. (Adam Husein/Republik Bobotoh)

REPUBLIK BOBOTOH - Karena karir sepak bolanya, asisten pelatih Persib Bandung Manuel Perez Cascallana mampu menguasai beberapa bahasa. Ia mengaku menguasai beberapa bahasa, seperti bahasa Inggris, Spanyol, China, Turki, India.

Namun ada beberapa bahasa yang menurut Manu -sapaan akrabnya- cukup sulit untuk dipelajari, seperti India dan China.

Untuk bahasa India, ada banyak bahasa yang digunakan ketika ia berada di kursi staf pelatih ATK Mohun Bagan. Akan tetapi selama di Kolkata, yang merupakan ibu kota Benggala Barat, ia memakai bahasa Bengali, bukan bahasa India.

Baca Juga : Ini 3 Wasit Wanita yang Akan Ukir Sejarah di Piala Dunia 2022

"Kalau India itu sedikit berbeda karena di Kolkata itu mereka bicara bahasa Bengali, bukan India," kata Manuel Perez Cascallana kepada awak media pada Kamis, 19 Oktober 2022.


Yuk gabung channel whatsapp REPUBLIKBOBOTOH.COM untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Persib, Bobotoh, Liga 1, dan ragam berita menarik lainnya seputar Bandung Raya. Klik di sini (JOIN)


Selama di India, ia menambahkan ada beberapa bahasa India yang bisa dipahami. Akan tetapi ia belum terlalu lancar berbahasa India karena ada sedikit perbedaan dengan bahasa Bengali.

"Jadi memang ada beberapa kata yang saya pahami tapi saya tidak terlalu lancar," ujarnya.

Sementara untuk Bahasa Indonesia, Manu menilai cukup mudah untuk dipelajari. Keinginan Manu untuk mempelajari bahasa Indonesia agar komunikasi dengan pemain Persib bisa lebih lancar.

"Karena saya sekarang tinggal di Indonesia, saya perlu memahami bahasa dari pemain. Karena kebanyakan dari pemain kami tidak berbicara dengan bahasa Inggris. Jadi saya ingin berkomunikasi dengan mereka dan karena itu maka saya belajar bahasa (Indonesia)," ujar Manu.

Baca Juga : Kiper Persib Rasakan Kesulitan saat Harus Berlatih Mandiri

"Tapi saya suka bahasa Indonesia karena tidak sulit untuk dipelajari dan saya mencoba untuk mempelajarinya," tutupnya.**

TONTON VIDEONYA DI YOUTUBE RBCOM TV

Follow Berita Republik Bobotoh di Google News

Penulis: Tim Republik Bobotoh | Editor: Helmi M Permana

Piksi

Berita Terkini