KLB PSSI Tetap Digelar Sesuai Arahan FIFA Meski Suratnya Sempat Dinilai Janggal

KLB PSSI Tetap Digelar Sesuai Arahan FIFA Meski Suratnya Sempat Dinilai Janggal Mochamad Iriawan (tengah) diapit Yunus Nusi dan Iwan Budianto. (Adam Husein/Republik Bobotoh)

REPUBLIK BOBOTOH - Pelaksanaan Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI dipastikan tetap berjalan sesuai anjuran dari FIFA. Itu artinya, KLB PSSI akan digelar pada 16 Februari 2023 berubah dari jadwal awal yakni 18 Maret 2023.

"Kami mengikuti surat yang sudah ada," ungkap Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan dikutip dari antara.

Pernyataan yang sama juga disampaikan oleh Sekjen PSSI Yunus Nusi. Ia menegaskan, KLB PSS dilakukan berdasarkan keputusan Exco dan surat dari FIFA.

Baca Juga : Ada Kabar Baik dari Ezra Walian saat Latihan Persib Hari Ini

"KLB sesuai dengan keputusan Exco dan surat dari FIFA," kata Yunus Nusi.


Yuk gabung channel whatsapp REPUBLIKBOBOTOH.COM untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Persib, Bobotoh, Liga 1, dan ragam berita menarik lainnya seputar Bandung Raya. Klik di sini (JOIN)


Sebelumnya, surat yang dikirimkan FIFA kepada PSSI sempat dinilai janggal oleh anggota komite etik FIFA periode 2007-20011 Dali Tahir.

"PSSI berkirim ke Sekretaris Jenderal FIFA (Fatma Samoura, red) tetapi surat jawabannya malah datang dari Ketua Pengurus Asosiasi Anggota FIFA. Ini ibaratnya kita bersurat ke gubernur, tetapi yang balas camat," kata Dali Tahir dikutip dari Antara.

Selain itu, kata Dali Tahir, ada hal ganjil lain terkait surat tersebut. PSSI sebelumnya mengirimkan surat ke Sekjen FIFA yang ada di Zurich, Swiss, tetapi FIFA membalas melalui Ketua Pengurus Asosiasi Anggota FIFA Kenny Jean-marie di Paris Prancis.

Menurut Dali Tahir, hal-hal tersebut hampir tidak pernah terjadi di federasi sepak bola dunia tersebut.

"Seharusnya PSSI mempertanyakan itu kepada FIFA, kenapa bukan sekjen FIFA yang menandatangani surat balasan tersebut," katanya.

Sebelumnya, PSSI telah mengirimkan surat resmi kepada FIFA terkait pelaksanaan kongres biasa dan kongres luas biasa (KLB) yang akan dipercepat.

Surat yang ditandatangani oleh Sekjen PSSI, Yunus Nusi tersebut disampaikan kepada FIFA pada Senin 31 Oktober 2022.

Dalam pernyataannya PSSI menyampaikan, rencananya gelaran KLB akan dilaksanakan pada 18 Maret 2023 mendatang.

Baca Juga : Prediksikan Belanda Terhenti di Semi Final, Ini Juara Piala Dunia 2022 Menurut Marc Klok

Namun setelah mendapat surat balasan dari FIFA, PSSI memutuskan dan mengikuti arahan dari induk sepak bola dunia tersebut dengan memajukan tanggal KLB menjadi 16 Februari 2023.

"Saya menyayangkan PSSI terburu-buru (menetapkan jadwal KLB sesuai arahan FIFA, red)," kata Dali Tahir.

"Idealnya dikonfirmasi kembali apakah benar surat itu sudah disepakati oleh Sekjen FIFA, kenapa balasan datang dari Paris bukan Zurich. Lalu kalau bilang KLB dipercepat mestinya FIFA mengatakan alasannya apa," pungkas Dali Tahir.**

TONTON VIDEONYA DI YOUTUBE RBCOM TV

Follow Berita Republik Bobotoh di Google News

Penulis: Helmi MP | Editor: Helmi M Permana

Piksi

Berita Terkini