Daftar 24 Pelatih Yang Mengikuti Kursus Kepelatihan Lisensi AFC Pro

Daftar 24 Pelatih Yang Mengikuti Kursus Kepelatihan Lisensi AFC Pro Kursus Kursus Kepelatihan Lisensi AFC Pro. (PSSI)

REPUBLIK BOBOTOH - Sebanyak 24 pelatih mengikuti kursus kepelatihan Lisensi AFC Pro Modul 1 yang digelar secara online mulai 28 November hingga 4 Desember 2022.

Menurut PSSI dalam rilisnya, AFC Pro Diploma Coaching Course 2022-2023, Modul 1 hanya akan dibawakan secara online tanpa ada pertemuan di kelas maupun lapangan.

Moh. Basir ditugaskan menjadi instruktur, dibantu oleh Yeyen Tumena dan Mundari Karya sebagai asisten instruktur. Moh. Basir sendiri merupakan Instruktur FIFA - AFC dari Singapura dan sekarang bekerja untuk Departemen Coaching Education FIFA.

Baca Juga : Persib vs Persija tidak Ada dalam Draft Jadwal Liga 1, Bos Persib: Saya Bilang Supaya Adil

Dalam keterangannya, Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri menegaskan program pengembangan kepelatihan merupakan prioritas PSSI dalam pembangunan sepak bola Indonesia.


Yuk gabung channel whatsapp REPUBLIKBOBOTOH.COM untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Persib, Bobotoh, Liga 1, dan ragam berita menarik lainnya seputar Bandung Raya. Klik di sini (JOIN)


"Dua area lainnya adalah pengembangan pemain dan perwasitan. Program ini secara konsisten dan kontinyu dilaksanakan PSSI," ujar Indra Sjafri dikutip dari laman resmi PSSI.

"Lisensi AFC Pro kini lebih detail. Akan lebih fokus pada tim taktik, fokus pertandingan ke pertandingan. Yang artinya setiap selesai pertandingan akan ada koreksi dan analisa. Bentuk latihan, diskusi dan praktik juga akan ada perubahan sedikit. Namun untuk modul 1 pembukaan ini, materi yang dibawakan secara online, tidak ada pertemuan di kelas atau lapangan," imbuh mantan pelatih Bali United ini.

Salah satu peserta kursus kepelatihan Lisensi AFC Pro, Bima Sakti mengaku bahwa kursus tersebut menambah wawasan baru di dunia kepelatihan sepak bola.

"Kembali belajar di kursus kepelatihan AFC Pro Diploma. Semoga ilmunya dapat bermanfaat bagi saya dan juga dapat dibagikan kepada pemain serta lainnya," ujar Bima Sakti.

Kursus seperti ini terakhir berlangsung pada April 2018 - Juli 2019.

Kursus pelatih Pro AFC adalah kursus yang tertinggi lisensinya di tingkat Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC). Adapun persyaratan-persyaratan yang harus dipenuhi untuk ikut kursus Pro AFC, yakni memiliki lisensi A AFC/UEFA dan masih aktif melatih tim/klub senior atau tim nasional.

Tahun ini, PSSI telah banyak menggelar kursus, diantaranya lisensi C PSSI Goalkeeping Coaching Course sebanyak 2 Gelombang pada September - Oktober, dan akan mengadakan Kursus B AFC Goalkeeping Coaching Course pada Desember 2022. Serta 3 Gelombang untuk Kursus A PSSI Diploma selama tahun 2022.

Kemudian Lisensi A PSSI Diploma Gelombang 3 Modul 2 di tanggal 24 Oktober - 5 November 2022, dengan Instruktur Yeyen Tumena dan Mundari Karya.

Baca Juga : 8 Pemain Absen di Latihan Hari Ini, Begini Penjelasan Dokter Persib

Lalu ada satu terobosan lain, yakni kursus kepelatihan Lisensi C PSSI yang berlangsung di Jimbaran, Bali, mulai 1 hingga 15 November 2022 kolaborasi antara Kemenpora dan PSSI.**

Daftar Peserta Kursus AFC Pro Diploma Modul 1:

1. Agus Sugeng Riyanto

2. Bima Sakti

3. Eko Purdjianto

4. Fakhri Husaini

5. Firmansyah

6. Francis Raynald Wewengkang

7. H. Syamsuddin Battola

8. Hendri Susilo

9. Imran Nahumarury

10. Jafri Sastra

11. Kartono Pramdhani, M.pd

12. Kas Hartadi

13. Lukas Torona Tumbuan

14. M. Alhadad

15. Mahruzar Nasution

16. Miftahudin

17. Muhamad Yusup Prasetiyo

18. I Putu Gede Dwi Santoso

19. Rasiman

20. Ricky Nelson

21. Yopie Riwoe

22. Sudirman

23. Uston Nawawi

24. Yogie Nugraha

TONTON VIDEONYA DI YOUTUBE RBCOM TV

Follow Berita Republik Bobotoh di Google News

Penulis: Helmi MP | Editor: Helmi M Permana

Piksi

Berita Terkini