Robby Darwis Sebut Medali Emas SEA Games Bukti Pembinaan Sepak Bola Indonesia Berjalan Baik

Robby Darwis Sebut Medali Emas SEA Games Bukti Pembinaan Sepak Bola Indonesia Berjalan Baik Timnas Indonesia U-22 di ajang SEA Games Kamboja. (PSSI)

REPUBLIK BOBOTOH - Mantan pemain Persib Bandung yang juga merupakan pilar penting Timnas Indonesia dalam meraih medali emas SEA Games 1987 dan 1991, Robby Darwis sangat bangga atas raihan yang didapat Timnas Indonesia U-22 di ajang SEA Games 2023.

Menurut Robby Darwis, keberhasilan Timnas Indonesia U-22 di ajang SEA Games berhasil menyudahi penantian panjang 32 tahun tanpa medali emas di cabang olahraga sepak bola.

Kemenangan ini, disebut Robby Darwis merupakan bukti kebangkitan dan meningkatnya kualitas sepak bola Indonesia di kancah internasional. Pasalnya kemenangan ini didapat secara susah payah, bahkan harus menghadapi timnas Thailand yang menjadi langganan medali emas di SEA Games.

"Kita sudah menunggu sejak lama kan sekarang saatnya kebangkitan sepak bola Indonesia lah yah, terutama di Asia Tenggara bahwa tidak selamanya mayoritas oleh Thailand bahwa kita juga bisa," kata Robby di kediamannya pada Jumat, 19 Mei 2023.

Baca Juga : Target Beckham Putra setelah Bawa Timnas Indonesia U-22 Raih Emas SEA Games 2023


Yuk gabung channel whatsapp REPUBLIKBOBOTOH.COM untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Persib, Bobotoh, Liga 1, dan ragam berita menarik lainnya seputar Bandung Raya. Klik di sini (JOIN)


"Bersyukur dengan dapatnya medali emas di SEA Games ini, saya ucapkan terima kasih kepada pengurus, pemain terutama yang sudah berjuang cukup keras, terutama kebangkitan sepak bola kita yang sudah menunggu 32 tahun," ujarnya menambahkan.

Di sisi lain, medali emas ini juga menjadi bukti bahwa pembinaan sepak bola Indonesia tak kalah baik dari negara lain. Pasalnya para pemain yang berhasil mempersembahkan medali emas ini dihuni oleh mayoritas pemain muda dengan torehan menit bermain tinggi di setiap klub.

"Melihat dari Vietnam, Kamboja, Thailand, mereka dari pembinaan cukup teratur lah ya. Cara berkompetisinya juga berkualitas tidak tersendat apalagi di lingkungannya sendiri cukup profesional dari grass roots Liga 1 yang top topnya ini," ujarnya.

Baca Juga : Publik Mulai Banding-bandingkan Indra Sjafri dengan Shin Tae-yong, Begini Reaksi Erick Thohir

"Ya semoga lah di era Timnas ini di kompetisi kita ini bisa teratur dan lebih baik. Mungkin kalau menurut saya era kebangkitan karena menurut saya seperti ada yang tersendat, itu awalnya seperti itu dan berdampak ke tim nasional juga," tambahnya.

Bagi Robby, keberhasilan ini harus dipertahankan pada edisi berikutnya. Ia berharap jajaran pelatih dan pengurus Timnas Indonesia U-22 bisa dipertahankan karena keberhasilan kinerja selama berada di Kamboja.

"Ya hari ini jajaran pelatih pemain pengurus agar dipertahankan jangan sampai SEA Games berikutnya bisa meraih medali emas lagi. Kita bersyukur ya pemain dan jajarannya," imbuhnya.**

TONTON VIDEONYA DI YOUTUBE RBCOM TV

Follow Berita Republik Bobotoh di Google News

Penulis: Raffy Faraz | Editor: M Taufik

Piksi

Berita Terkini