Seperti Ini Detail Regulasi Pemain Asing di Liga 1 2023-2024: Lokal Harus Berjuang Ekstra

Seperti Ini Detail Regulasi Pemain Asing di Liga 1 2023-2024: Lokal Harus Berjuang Ekstra David da Silva duel dengan Hansamu Yama dalam laga Persija Jakarta vs Persib Bandung. (MO Persib)

REPUBLIK BOBOTOH - PT Liga Indonesia Baru (LIB) memastikan perubahan regulasi pemain asing di Liga 1 musim 2023-2024 menjadi enam pemain atau bertambah dua dibandingkan sebelumnya.

Di Liga 1 musim 2023-2024, setiap klub diizinkan menggunakan enam pemain asing dengan skema 5+1 pemain asing ASEAN.

Dalam surat edaran yang dibagikan kepada 18 klub peserta disebutkan, klub bisa memainkan semua pemain asing dalam setiap pertandingan.

Baca Juga : Soal Kekosongan di Kursi Direktur Teknik, Bos Persib Jelaskan Urgensinya

Regulasi ini, dianggap beberapa pihak bisa meningkatkan daya tarik Liga 1, tetapi tak sedikit juga yang menganggapnya secara skeptis karena dianggap mempersempit eksistensi pemain lokal, khususnya pemain muda.


Yuk gabung channel whatsapp REPUBLIKBOBOTOH.COM untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Persib, Bobotoh, Liga 1, dan ragam berita menarik lainnya seputar Bandung Raya. Klik di sini (JOIN)


Meski pemain asing tidak mendapat jaminan khusus bakal dimainkan, namun ada kecenderungan pelatih lebih mengutamakan memainkan pemain asing ketimbang lokal.

Selain regulasi pemain asing, PT LIB juga mengatur kewajiban setiap klub memainkan pemain U-23 dalam setiap laga minimal 45 menit.

Baca Juga : Terbang ke Qatar, Persib U-16 Boyong 18 Pemain

Berikut detail regulasi terkait penggunaan pemain dan pendaftaran pemain di kompetisi musim 2023-2024

1. Kuota maksimal pemain per klub maksimal 35 pemain, dengan ketentuan batas usia pemain minimum kelahiran 1 Juli 2006.

2. Kewajiban memainkan pemain minimal 1 (satu) pemain U23 (kelahiran maksimal 1 Juli 2001 dalam starting XI dengan durasi bermain minimal 45 (empat puluh lima) menit, jika pemain tersebut digunakan untuk TIMNAS maka penggantinya diperbolehkan menggunakan pemain lainnya yang sudah terdaftar pada Klub.

3. Kuota pemain asing yang didaftarkan sebanyak 5 (asing bebas) + 1 (anggota ASEAN) dan seluruhnya dapat dimainkan dalam setiap pertandingan;

4. Periode Transfer Matching System (TMS):

- Periode I: 12 Juni–3 September 2023

- Periode II: 1-28 November 2023

5. Khusus untuk kompetisi Liga 1, baik pendaftaran pemain lokal dan asing untuk didaftarkan dalam LIAS akan ditutup pada tanggal 20 Juli 2023.**

TONTON VIDEONYA DI YOUTUBE RBCOM TV

Follow Berita Republik Bobotoh di Google News

Penulis: Taufik | Editor: M Taufik

Piksi

Berita Terkini