Mengenal Kebijakan-kebijakan PT LIB Tentang Pemain di Liga 1 2023/2024: Dari Kewajiban Klub, Kuota, Hingga TMS

Mengenal Kebijakan-kebijakan PT LIB Tentang Pemain di Liga 1 2023/2024: Dari Kewajiban Klub, Kuota, Hingga TMS Logo Liga 1. (Adam Husein/Republik Bobotoh)

REPUBLIK BOBOTOH - Kurang dari satu bulan, kompetisi Liga 1 2023/2024 akan kembali digelar. PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) selaku operator kompetisi telah menyiapkan berbagai rumusan yang akan diterapkan pada kompetisi kasta tertinggi di Indonesia tersebut.

Selain jadwal pertandingan, PT LIB juga membuat kebijakan-kebijakan terkait pemain dan kewajiban klub.

Yang pertama tentang kuota maksimal pemain di setiap klub peserta Liga 1. PT LIB memutuskan bahwa setiap klub maksimal mempunyai 35 pemain.

Baca Juga : Mereka Yang Berpeluang Beruji Coba dengan Persib di Yogyakarta

"Dengan ketentuan batas usia pemain minimum kelahiran 1 Juli 2006," demikian keterangan yang disampaikan PT LIB dalam rilisnya.


Yuk gabung channel whatsapp REPUBLIKBOBOTOH.COM untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Persib, Bobotoh, Liga 1, dan ragam berita menarik lainnya seputar Bandung Raya. Klik di sini (JOIN)


PT LIB juga mewajibkan setiap klub memainkan minimal satu pemain U-23 untuk kelahiran maksimal 1 Juli 2001 dalam starting XI dengan durasi bermain minimal 45 (empat puluh lima) menit.

"Jika pemain tersebut digunakan untuk Timnas maka penggantinya diperbolehkan menggunakan pemain lainnya yang sudah terdaftar pada klub," lanjutan dalam rilis PT LIB.

Sementara itu, terkait pemain asing, PT LIB memastikan bahwa kuota pemain luar negeri berjumlah 5 (asing bebas) + 1 (ASEAN) dan seluruh pemain tersebut bisa diturunkan dalam setiap pertandingan.

Untuk periode Transfer Matching System (TMS), periode I dimulai 12 Juni hingga 3 September 2023 dan periode II pada 1-28 November 2023.

"Khusus untuk kompetisi Liga 1, baik pendaftaran pemain lokal dan asing untuk didaftarkan dalam LIAS akan ditutup pada tanggal 20 Juli 2023."

Lebih lanjut, dalam surat tersebut juga ditegaskan bahwa memperhatikan aspek profesionalisme dalam kompetisi, setiap klub Liga 1- 2023/24 wajib mengikuti proses National Club Licensing cycle 2024.

Baca Juga : Persebaya Resmi Umumkan Kedatangan Gelandang Timnas Singapura

Hal itu digunakan sebagai syarat untuk keikutsertaan pada kompetisi Liga 1 2024/25 selain aspek sporting merit.

Kepada klub yang gagal meraih lisensi pada national club licensing cycle 2023 akan berkonsekuensi kehilangan beberapa variabel kontribusi komersial yang diterima pada kompetisi Liga 1 2023/24.

Sekedar informasi, Liga 1 2023/2024 akan dimulai 1 Juli 2023 dengan mempertemukan Persija vs PSM Makassar di Stadion Utama Gelora Bung Karno.**

TONTON VIDEONYA DI YOUTUBE RBCOM TV

Follow Berita Republik Bobotoh di Google News

Penulis: Helmi MP | Editor: Helmi M Permana

Piksi

Berita Terkini