Ratusan Pecatur dari Berbagai Provinsi Meriahkan Super Chess National Tournament

Ratusan Pecatur dari Berbagai Provinsi Meriahkan Super Chess National Tournament Para juara dari seluruh kategori Super Chess National Tournament. (Rafy Faraz Ramadan/REPUBLIKBOBOTOH.COM)

REPUBLIK BOBOTOH - Kejuaraan Catur bertajuk, Super Chess National Tournament telah menghadirkan juara dari seluruh kategori.

Ajang Super Chess National Tournament yang digelar selama dua hari di Papuri Saung Sunda-Progresif Sport Centre Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung, pada 8-9 Juli 2023 ini disambut antusias oleh para peserta.

Kejuaraan Super Chess National Tournament dibuka secara resmi oleh Ketua Umum Pengprov Percasi Jawa Barat, Deni Nurdyana Hadimin, didampingi anggota Bidang Pembinaan dan Prestasi KONI Jawa Barat, Jajat Drajat Kusumanagara, dan Ketua Penyelenggara, Soleh Subari.


Yuk gabung channel whatsapp REPUBLIKBOBOTOH.COM untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Persib, Bobotoh, Liga 1, dan ragam berita menarik lainnya seputar Bandung Raya. Klik di sini (JOIN)


Ajang ini diikuti 306 pecatur dari berbagai daerah di Tanah Air dengan mempertandingkan tiga kategori, yakni Kategori Open, Junior, dan Veteran. Super Chesse National Tournament ini memperebutkan total hadiah sebesar Rp 98 Juta.

Sengitnya persaingan demi menjadi peringkat utama kian terasa di hari terakhir kejuaraan. Konsentrasi tinggi dan saling adu strategi ditunjukan semua peserta yang menjadikan atmosfer kompetitif semakin terasa hingga turnamen usai.

Ketua Penyelenggara, Soleh Subari menjelaskan, ajang yang sudah digelar rutin selama 3 tahun ke belakang ini memang mendapat respon positif dari pecatur. Baginya pencapaian ini tak lepas dari peran Super Challenge yang selalu konsisten memberi dukungan.

"Secara khusus dan sangat khusus kami sampaikan terima kasih kepada pihak Super Challenge yang tetap menjadi pendukung utama dan suport penuh, jujur saja tanpa kehadiran Super Challenge kami tak ada apa-apanya. Kami pun tak lupa mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang ikut menyukseskan Super Chess National Tournament, juri, panitia serta event organizer dan para peserta, " katanya Soleh.

Perlu diketahui, untuk kategori Open diikuti para pecatur Master dan Non Master diantaranya, Women Grand Master (WGM), Medina Warda Aulia.

International Master (IM), Yoseph Theolifus Taher, Muhammad Lutfi Ali, dan Fide Master (FM), Hamdani Rudin. Pada kategori junior ikut dalam turnamen tersebut, Reynand Christopher serta Ray Mclung. Sementara, di kategori Veteran ada, Zadiat.

Sementara itu, Ketua Umum Pengprov Percasi Jawa Barat, Denny Nurdyana Hadimin takjub atas gelaran Super Chesse National Tournament.

Katanya turnamen tersebut layaknya pelepas dahaga para pecatur di Jawa Barat, terlebih ajang ini berhasil dikemas lebih baik dan profesional.

"Super Chesse National Tournament ini menjadi satu-satunya turnamen catur di nasional khususnta di Jawa Barat yang animo para pecatur sangat tinggi dan terbukti sejak tanggal 2 Juni pendaftaran sudah ditutup," karena biasanya kalau sifatnya turnamen jarang diikuti oleh pecatur internasional dan nasional, nah ini semua Grand Master ikut, WGM, Medina, Cerdas Barus termasuk semua National Master ada disini, " ujar Deni memaparkan.

Ia berharap ajang ini bisa dipertahankan dan digelar lebih meriah lagi. Bahkan jumlah pesertanya juga bisa diperbanyak, guna semakin meningkatkan atmosfer persaingan.

"Jadi, menurut saya, Super Chesse ini sangat luar biasa, jujur dan sangat berharap dipertahankan dan lebih meriah lagi, misalnya jumlah peserta ada penambahan, " katanya menambahkan.

Senada dengan Deny, Jajat Drajat Kusumanagara menuturkan, KONI Jawa Barat senantiasa mendukung penuh cabang olahraga yang menyelenggarakan turnamen, kejuaraan atau eksibisi sekalipun.

Baginya ajang ini sangatlah bermanfaat demi memunculkan prestasi di cabang olah raga catur.

"Apapun turnamen, kejuaraan atau even apa saja cabor menyelenggarkan, KONI Jawa Barat sangat mengapresiasi, sebab semua untuk kepentingan olahraga Jawa Barat," kata Jajat.

"Semua atlet yang terdata di KONI Jawa Barat adalah atlet berprestasi dan mereka bisa berprestasi hingga level internasional karena berawal dari turnamen kecil dari Super Chess National Tournament, kami harapkan lahir atlet untuk Jawa Barat, sekali lagi, kami KONI Jawa Barat mengapresiasi yang setinggi-tingginya, " sambung Jajat.

Peraih rangking pertama di Kategori Open Super Chess National Tournament, Dede Liu mengaku senang karena akhirnya bisa kembali menambah koleksi trophy di etalase rumahnya.

Menurutnya hasil ini amat membanggakan karena didapat dengan usaha yang tinggi, sekaligus melewati pertarungan sengit.

"Perasaannya tentu senang apalagi ini event besar juga untuk nasional dan bisa juara, senang lah. Banyak anak anak muda yang beberapa kali mewakili Indonesia, cukup senang lah," ujar Dede Liu.

Tak lupa Dede mengucapkan terima kasih kepada sponsor utama dan penyelenggara. Ia berharap turnamen ini bisa kembali digelar di tahun depan demi mendorong regenerasi pecatur Indonesia.

"Event-nya sangat luar biasa, dari penyelenggaraan, tempatnya juga, sukses banget acara ini buat penyelenggara dan Super Chalenge. Ya mudah mudahan bisa ada keberlanjutan karena event ini cukup bagus untuk mendorong generasi generasi muda." tutup Dede.

Berikut Rangking 5 Teratas dari Masing-Masing Kategori di Super Chess National Tournament:Ranking Kategori Open

Peringkat 1: Dede Liu (Jabar)

Peringkat 2: Hamdan Rudin (Jabar)

Peringkat 3: Ivan Maxmilian (Jabar)

Peringkat 4: Muhammad Luthfi Ali (Jabar)

Peringkat 5: Yosep Theolifus Taher (Kalteng)

Ranking Kategori Junior

Peringkat 1: Reynard Kristopher (Banten)

Peringkat 2: Ray Mclung (Jabar)

Peringkat 3: Daniel Fortino (Jatim)

Peringkat 4: Khalid Safwam (Kaltim)

Peringkat 5: Andra Wijaya (Jabar)

Rangking Kategori Veteran

Peringkat 1: Zadiac Nncc (Jabar)

Peringkat 2: Murtamar (Banten)

Peringkat 3: Suherman (Jabar)

Peringkat 4: Sriyanto Scc (Jabar)

Peringkat 5: Dedi Iriansyah Btc (Jabar).***

Follow Berita Republik Bobotoh di Google News

Penulis: Raffy Faraz | Editor: Daddy

Piksi

Berita Terkini