Tim Peneliti Unpad Dalami Hasil FGD Sejarah Tanggal Berdirinya Persib

Tim Peneliti Unpad Dalami Hasil FGD Sejarah Tanggal Berdirinya Persib (MO Persib)

REPUBLIK BOBOTOH - Ketua Tim Peneliti Hari Jadi Persib dari Universitas Padjadjaran (Unpad), Prof. Dr. Kunto Sofianto, Ph.D. mengatakan, Focus Group Discussion (FGD) yang diadakan di Hotel Grand Cordella Bandung, Sabtu, 16 September 2023, hanya merupakan bagian dari rangkaian riset yang tengah dilakukan. Karena itu, hasil diskusi, baik saran maupun masukan, dari narasumber dan peserta akan terus didalami.

"Boleh dibilang, ini hanya langkah awal dari riset hari jadi Persib ini. Di FGD ini, kami hanya menyampaikan data awal yang sudah didapat dan menampung berbagai masukan terkait banyak hal yang menyangkut sejarah dan hari lahir Persib dan berbagai pihak yang kompeten dan berkepentingan," kata Prof. Kunto dalam siaran pers yang diterima.

Diketuai Prof, Kunto, tim peneliti hari jadi Persib ini beranggotakan Dr. Miftahul Falah M.Hum, Budi Gustaman, M.A, Iqbal Reza Satria, S.H., M.I.P. dan Muhammad Ridha Taufiq Rahman, S.IP., MA. Riset dilakukan untuk menjawab keresahan dan keraguan sejumlah kalangan terhadap penetapan 14 Maret 1933 sebagai hari jadi Persib karena belum adanya bukti otentik yang menguatkannya.

Baca Juga : Daisuke Sato dan Edo Febriansah Rentan Terkena Sanksi

FGD yang dihadiri sekitar 20 peserta offline, termasuk Wali Kota Bandung dan Ketua Umum Persib periode 2003-2013, Dada Rosada, dan ratusan lain secara online melalui platform Zoom, menghadirkan empat narasumber utama. Selain Prof. Kunto, narasumber lainnya adalah Dr. Hawe Setiawan (budayawan/akademisi Unpas), Drs. Andi Suwirta, M.Hum. (sejarawan UPI) dan Atep Kurnia (pegiat literasi dan penulis buku Maenbal).


Yuk gabung channel whatsapp REPUBLIKBOBOTOH.COM untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Persib, Bobotoh, Liga 1, dan ragam berita menarik lainnya seputar Bandung Raya. Klik di sini (JOIN)


Dalam pemaparannya, Prof. Kunto mengungkapkan rangkaian dan momen-momen penting perkembangan perkumpulan sepak bola di Kota Bandung sejak awal abad ke-20 yang dinilai ada kaitannya dengan jejak berdirinya sebuah bond sepak bola yang kini dikenal dengan nama Persib.

Pemaparan Prof. Kunto dilengkapi oleh data-data dan pandangan narasumber dan bahkan para peserta secara interaktif memberikan masukan dan saran berharga bagi tim peneliti untuk melahirkan dokumen ilmiah menyangkut hari jadi Persib.

Baca Juga : Kontrak 2 Pemain Asing Persib Segera Berakhir, Bertahan atau Dicoret?

Community and Activation Manager Persib, Rijki Kurniawan menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada tim peneliti yang bersedia turun tangan menelusuri jejak hari jadi Persib yang hampir dalam satu dekade terakhir menjadi isu hangat jurnalis, pegiat literasi, dan bobotoh, setiap bulan Maret datang.

Terima kasih juga kepada seluruh nara sumber dan para peserta FGD dari berbagai kalangan, mulai sejarawan dan akademisi dari UPI, UIN, UNJANI, pegiat sepak bola Bandung, dan para pelaku sejarah," kata Rijki.

Selain itu, Rijki juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh peserta yang hadir, baik offline maupun online.

"Terima kasih atas antusiasme dan keguyubannya memberikan sumbang saran terhadap riset ini. Kita semua berharap, riset ini menghasilkan dokumen ilmiah berharga buat Persib sebagai sebuah klub profesional," kata Rijki.**

TONTON VIDEONYA DI YOUTUBE RBCOM TV

Follow Berita Republik Bobotoh di Google News

Penulis: Raffy Faraz | Editor: M Taufik

Piksi

Berita Terkini