7 Poin Rekomendasi Presidium Nasional Suporter Sepakbola Indonesia untuk PSSI

7 Poin Rekomendasi Presidium Nasional Suporter Sepakbola Indonesia untuk PSSI simposium Presidium Nasional Suporter Sepakbola Indonesia. (PSSI)

REPUBLIK BOBOTOH - Sebanyak 7 poin rekomendasi dihasilkan dari simposium Presidium Nasional Suporter Sepakbola Indonesia (PNSSI) yang digelar di Hotel Royal Kuningan, Jakarta, Ahad 1 Oktober 2023.

Dari 7 poin rekomendasi tersebut, 5 diantaranya diterima langsung oleh ketua umum PSSI, Erick Thohir yang turut menghadiri acara tersebut.

Lima rekomendasi PNSSI itu akan dibawa oleh pria yang juga menjabat Menteri BUMN tersebut ke dalam rapat Komite Eksekutif (Exco) PSSI.

Baca Juga : Jadwal Lengkap Pekan 15 Liga 1 2023-2024: Dipanaskan Duel Persebaya vs Persib

"Kita menerima poin-poin yang nanti akan disampaikan kepada Exco PSSI. Kita dorong kesepakatan-kesepakatan ini untuk lakukan transformasi kepada suporter sepak bola Indonesia dan saya rasa ini komitmen," kata Erick Thohir dikutip dari laman resmi PSSI.


Yuk gabung channel whatsapp REPUBLIKBOBOTOH.COM untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Persib, Bobotoh, Liga 1, dan ragam berita menarik lainnya seputar Bandung Raya. Klik di sini (JOIN)


"Terima kasih suporter percaya transformasi karena ini kita sama-sama jaga diri kita, yang jelas kita cinta sepak bola Indonesia. Kita sama-sama bangun, ya. Jangan sendiri-sendiri membangun. Supaya kita bisa transformasi sepak bola Indonesia," tambahnya.

Sementara itu, Ketua PNSSI, Uki Nugraha atau yang akrab disapa Daeng Uki berharap rekomendasi yang diserahkan ke PSSI jadi momentum suporter untuk bersatu dan menyukseskan transformasi sepak bola Indonesia.

"Jadi mudah-mudahan apa yang teman-teman lakukan hari ini merupakan sebenarnya awal ya tapi ini adalah titik kebangkitan suporter sepak bola Indonesia untuk sama-sama menyukseskan transformasi sepak bola Indonesia dan hebatnya lagi baru kali ini dapat ketum seperti ini (ET) yang mau turun sama-sama kita," kata Uki Nugraha.

Baca Juga : Puluhan Suporter Persita Terciduk saat Hendak Masuk ke Stadion GBLA

Berikut poin-poin hak suporter yang harus diperhatikan oleh PSSI dari PNSSI:

1. Keamanan dan kenyamanan

2. Potongan atau perbedaan harga tiket dengan penonton umum dan suporter

3. Distribusi tiket harus mengutamakan dan memudahkan komunitas suporter yang sudah berbadan hukum

4. Klub harus membantu menyiapkan ruangan untuk komunitas suporter menyimpan alat-alat atau perlengkapan kreatifitas di area stadion yang menjadi homebase masing-masing klub

5. Setiap pembelian tiket pertandingan sudah termasuk Asuransi

6. Klub harus membantu pemberdayaan ekonomi dan kreatifitas suporter

7. Suporter harus memiliki hak bicara pada saat kongres PSSI

Baca Juga : Satu Pemain Asing Persib Absen Lawan Persebaya, Siapa Penggantinya? Ini Kata Bojan Hodak

Dalam rangka transformasi sepak bola Indonesia, PNSSI juga akan membentuk badan hukum komunitas suporter pada 10 November, melaksanakan kongres tahunan pada 22 Februari 2024 dan workshop suporter Liga 1 dan Liga 2.

TONTON VIDEONYA DI YOUTUBE RBCOM TV

Follow Berita Republik Bobotoh di Google News

Penulis: Helmi MP | Editor: Helmi M Permana

Piksi

Berita Terkini