4 Stadion Siap Terapkan VAR di Pekan ke-24 Liga 1, Salah Satunya Si Jalak Harupat?

4 Stadion Siap Terapkan VAR di Pekan ke-24 Liga 1, Salah Satunya Si Jalak Harupat? Stadion Si Jalak Harupat. (Adam Husein/Republik Bobotoh)

REPUBIKBOBOTOH.COM - Pekan ke-24 Liga 1 2023/2024 rencananya bakal mulai menerapkan Video Assistant Referee (VAR).

Namun, baru empat stadion yang dilaporkan sudah siap memakai teknologi modern itu mulai Februari mendatang.

Hal tersebut diungkapkan oleh Humas PT Liga Indonesia Baru (LIB), Sabina Katya Viena Diva. Namun, ia tidak menjelaskan venue mana yang dimaksud.

Namun, dugaannya adalah venue bekas Piala Dunia U-17 2023, yakni Si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Manahan (Solo), Gelora Bung Tomo (Surabaya), dan Jakarta International Stadium (JIS).

"Kalau untuk VAR masih on schedule Februari, kami terapkan. Serentak semua pertandingan akan menggunakan VAR," kata Sabina seperti dilansir dari Tempo.co, Senin (8/1/2024).


Yuk gabung channel whatsapp REPUBLIKBOBOTOH.COM untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Persib, Bobotoh, Liga 1, dan ragam berita menarik lainnya seputar Bandung Raya. Klik di sini (JOIN)


Sabina pun menyebutkan bahwa PT LIB telah mematangkan persiapan penggunaan VAR di setiap stadion.

Namun, operator liga menilai hanya empat stadion yang dinilai sudah siap untuk menjalankan VAR dalam setiap pertandingannya. Meski begitu, ia tak merinci stadion mana saja yang dimaksud.

"Sebenarnya ada lebih dari dari empat stadion (yang memenuhi standar), tapi yang kami yakin sudah ada empat yang kami jalankan." katanya.

Sabina menambahkan bahwa VAR akan digunakan oleh wasit lokal. Mereka sudah dibekali untuk menggunakannya.

Sebelumnya, PT LIB telah menggelar pelatihan VAR fase ketiga tahap dua pada 4-19 Desember 2023. Kegiatan ini diikuti 18 wasit, 36 asisten wasit, dan 16 replay operator.

Dalam pelatihan tersebut turut hadir perwakilan vendor VAR rekanan FIFA, yaitu Hawk-Eye Innovations yang telah meneken kerja sama dengan PT LIB dalam hal pembinaan.

Mereka bakal memberi pendampingan dan pemahaman soal operasional VAR.

Sabina mengatakan nantinya saat implementasi VAR berlangsung pada pekan ke-24 hingga akhir musim.

"Iya sudah wasit dari kita (lokal). Alhamdulillah (sudah punya lisensi)," ujarnya.

Ia juga memastikan bahwa pihak Hawk-Eye akan mendampingi wasit lokal dalam menjalankan tugasnya. Karena itulah, ia tak menutup kemungkinan wasit asing bakal dihadirkan.

"Pasti (wasit lokal) masih dalam binaan Hawk-Eye karena kami pasti akan selalu dijaga oleh mereka," ucap Sabina.

"Untuk wasit asing, kami akan melihat perkembangannya. Jika VAR berjalan dengan baik, sepertinya kami tidak memakai wasit asing lagi, tapi dilihat lagi nanti perkembangannya." pungkasnya.**

Follow Berita Republik Bobotoh di Google News

Penulis: Tim Republik Bobotoh | Editor: Daddy

Piksi

Berita Terkini