Kiprah Pemain Persib Bersama Timnas Indonesia di Piala Asia

Kiprah Pemain Persib Bersama Timnas Indonesia di Piala Asia Yaris Riyadi. (Persib.co.id)

REPUBLIKBOBOTOH.COM - Dua pemain Persib Bandung, Marc Klok dan Edo Febriansah siap-siap berjuang membela Timnas Indonesia di Piala Asia 2023 Qatar.

Marc Klok dan Edo Febriansah meneruskan tradisi pemain Persib yang membela Timnas Indonesia di Piala Asia sejak edisi tahun 2000.

Pada Piala Asia 1996 yang merupakan partisipasi pertama Timnas Indonesia, tidak ada pemain Persib yang membela skuad Garuda meski saat itu, Maung Bandung masuk jajaran elite klub di Liga Indonesia.

Baca Juga : Ternyata Ini Alasan Milomir Seslija Terima Tawaran Jadi Pelatih Persis Solo

Tradisi pemain Persib di skuad Timnas Indonesia pada Piala Asia dimulai sejak gelaran turnamen pada tahun 2000 yang dilaksanakan di Lebanon.


Yuk gabung channel whatsapp REPUBLIKBOBOTOH.COM untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Persib, Bobotoh, Liga 1, dan ragam berita menarik lainnya seputar Bandung Raya. Klik di sini (JOIN)


Saat itu, Persib mengirim satu pemain untuk membela Timnas Indonesia yakni Yaris Riyadi. Pemain yang dijuluki Si Kucing itu masuk daftar skuad Garuda di Piala Asia 2000 besutan pelatih Nandar Iskandar.

Di Piala Asia 2004 yang digelar di China, Alexander Pulalo jadi pemain Persib satu-satunya pemain Persib yang membela Timnas Indonesia.

Kemudian di Piala Asia 2007, di mana Indonesia jadi tuan rumah bersama Vietnam, Thailand dan Malaysia, dua pemain Persib membela skuad Garuda yakni Eka Ramdani dan Zaenal Arief.

Baca Juga : Indonesia Dibantai Iran, Begini Reaksi Shin Tae-yong

Sayangnya kiprah pemain Persib di Timnas Indonesia pada Piala Asia 2007 tercoreng akibat pelanggaran disiplin yang dilakukan Zaenal Arief hingga membuat namanya dicoret pelatih Ivan Kolev di tengah berjalannya turnamen.

Piala Asia 2023 akan digelar mulai 12 Januari hingga 10 Februari 2024. Indonesia sendiri tergabung di Grup D bersama Jepang, Irak, dan Vietnam.

Laga pertama Marc Klok Cs adalah menghadapi Irak di Ahmad bin Ali Stadium, Al Rayyan, pada Senin, 15 Januari 2024, pukul 20.30 WIB.**

Follow Berita Republik Bobotoh di Google News

Penulis: Tim Republik Bobotoh | Editor: Daddy

Piksi

Berita Terkini