Komputer Super Opta Ramal Nasib Indonesia di Piala Asia 2023, Begini Hasilnya

Komputer Super Opta Ramal Nasib Indonesia di Piala Asia 2023, Begini Hasilnya Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong resmi memilih 26 pemain yang akan bertarung pada gelaran Piala Asia 2023 di Qatar. (PSSI.org)

REPUBLIKBOBOTOH.COM - Piala Asia 2023 di Qatar dalam hitungan hari akan digelar, mulai 12 Januari sampai 10 Februari 2024.

Piala Asia 2023 menjadi partisipasi kelima Timnas Indonesia setelah pertama kali lolos pada edisi tahun 1996 yang digelar di Uni Emirat Arab.

Dalam empat partisipasi sebelumnya, termasuk ketika menjadi tuan rumah pada tahun 2007, Timnas Indonesia selalu terhenti di babak fase grup.

Baca Juga : Piala Asia 2023 Kian Dekat tapi Shayne Pattynama Belum Gabung, Shin Tae-yong Jelaskan Situasinya

Lalu bagaimana dengan peluang Timnas Indonesia di Piala Asia 2023? Banyak pihak yang meragukan skuad besutan pelatih Shin Tae-yong bisa berbicara banyak di turnamen sepak bola paling akbar di Asia itu.


Yuk gabung channel whatsapp REPUBLIKBOBOTOH.COM untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Persib, Bobotoh, Liga 1, dan ragam berita menarik lainnya seputar Bandung Raya. Klik di sini (JOIN)


Meski diperkuat sejumlah pemain naturalisasi dan lokal yang bermain di luar negeri, termasuk kawasan Eropa, tetap saja kans Indonesia dinilai kecil.

Analisis dari Opta yang melakukan prediksi Piala Asia 2023 dengan komputer super pun menunjukkan peluang Indonesia sangat kecil.

Seperti dikutip dari postingan akun Threads, optanalyst, peluang Timnas Indonesia hanya sebesar 0,2 persen, cuma lebih baik dibandingkan Hong Kong dengan 0,1 persen.

Baca Juga : Kiprah Pemain Persib Bersama Timnas Indonesia di Piala Asia

Indonesia sendiri tergabung di Grup D bersama Jepang, Irak, dan Vietnam. Laga pertama Marc Klok Cs adalah menghadapi Irak di Ahmad bin Ali Stadium, Al Rayyan, pada Senin, 15 Januari 2024, pukul 20.30 WIB.**

Sementara komputer super Opta memprediksi Jepang bakal berjaya di Qatar dengan persentase peluang 24,6 persen, lebih unggul dari Korea Selatan dengan 14,3 persen dan Iran 11,2 persen.

Sedangkan Qatar meski berstatus juara bertahan dan akan tampil di kandang sendiri, berdasarkan analisis komputer super Opta, berada di posisi keenam dengan peluang 9,8 persen.**

Follow Berita Republik Bobotoh di Google News

Penulis: Tim Republik Bobotoh | Editor: Daddy

Piksi

Berita Terkini