Fakta Menarik Indonesia Selalu Mengejutkan di Laga Pembuka Piala Asia, Akankah Tradisi Itu Berlanjut?

Fakta Menarik Indonesia Selalu Mengejutkan di Laga Pembuka Piala Asia, Akankah Tradisi Itu Berlanjut? Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong resmi memilih 26 pemain yang akan bertarung pada gelaran Piala Asia 2023 di Qatar. (PSSI.org)

REPUBLIKBOBOTOH.COM - Timnas Indonesia akan melakoni pertandingan pertama di Grup D Piala Asia 2023 menghadapi Irak di Stadion Ahmad bin Ali Stadium, Al Rayyan, pada Senin malam ini, 15 Januari 2024.

Piala Asia 2023 merupakan partisipasi kelima Timnas Indonesia setelah tahun 1996 di UEA, 2000 (Lebanon), 2004 (China) dan 2007 saat menjadi tuan rumah bersama Malaysia, Thailand dan Vietnam.

Banyak pihak yang meragukan peluang Timnas Indonesia di Piala Asia 2023. Salah satu alasannya karena skuad Garuda satu grup dengan Jepang dan Irak, dua negara kuat sepak bola Asia serta Vietnam

Tetapi sejarah menunjukkan Timnas Indonesia kerap mengejutkan di pertandingan pembuka Piala Asia. Dalam empat partipasipasi sebelumnya, Indonesia tak pernah kalah di laga pembuka.

Baca Juga : TERPOPULER: Milo Persilakan Pemain Pergi, Tyronne Punya Klub Baru hingga Sandy Gabung Persib


Yuk gabung channel whatsapp REPUBLIKBOBOTOH.COM untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Persib, Bobotoh, Liga 1, dan ragam berita menarik lainnya seputar Bandung Raya. Klik di sini (JOIN)


Di Piala Asia 1996, Indonesia secara mengejutkan mengimbangi Kuwait yang saat itu masuk jajaran elite sepak bola Asia. Bahkan skuad Garuda sempat unggul lebih dulu 2-0 lewat dua gol berkelas dari Widodo Cahyono Putro dan Ronny Wabia. Pertandingan berakhir 2-2.

Di Piala Asia 2000, Indonesia kembali jumpa Kuwait di laga pembuka. Skuad Garuda kembali menyulitkan Kuwait dan sukses menahan gempuran negara kaya minyak itu dan memaksa laga berakhir dengan skor kacamata.

Kemudian di Piala Asia 2004 yang berlangsung di China, Timnas Indonesia bahkan membuat kejutan besar dengan mengandaskan Qatar 2-1 melalui gol Budi Sudarsono dan tendangan jarak jauh Ponaryo Astaman.

Baca Juga : Kabar Baik Datang dari Asnawi Jelang Laga Indonesia vs Irak

Di Piala Asia 2007, bertanding di kandang sendiri di Stadion Gelora Bung Karno, Timnas Indonesia sukses mengandaskan Bahrain dengan skor 2-1.

Kini, publik sepak bola Indonesia tentu berharap Marc Klok Cs bisa melanjutkan tradisi selalu mengejutkan di laga pembuka saat menghadapi Irak yang dalam pertemuan terakhir membantai skuad Garuda 5-1 di ajang kualifikasi Piala Dunia 2026.

Laga Indonesia vs Irak akan digelar pada pukul 17.30 waktu setempat atau pukul 21.30 WIB dan disiarkan langsung oleh RCTI.

Selain bisa ditonton melalui siaran langsung RCTI, laga Timnas Indonesia vs Irak di Piala Asia 2023, juga dapat disaksikan lewat live streaming di RCTI+ dan Vision+.

Link live streaming Indonesia vs Irak, klik di sini.**

Follow Berita Republik Bobotoh di Google News

Penulis: Tim Republik Bobotoh | Editor: Daddy

Piksi

Berita Terkini