Fans dan Media di Indonesia Sempat Dibuat Kesal oleh Yordania, Ini Penyebabnya

Fans dan Media di Indonesia Sempat Dibuat Kesal oleh Yordania, Ini Penyebabnya Yordania dituding sengaja 'melepas' laga terakhir Grup E kontra Bahrain demi menghindari Jepang di 16 besar Piala Asia 2023. (Instagram/@jordan.fa)

REPUBLIKBOBOTOH.COM - Timnas Indonesia akhirnya mengukir sejarah pertama kali lolos ke fase knock out Piala Asia setelah mengamankan satu tiket ke babak 16 besar Piala Asia 2023.

Indonesia lolos ke 16 besar Piala Asia 2023 berkat bantuan dari Kirgistan yang memaksa Oman bermain imbang 1-1 dalam laga terakhir Grup F, Kamis malam, 25 Januari 2024.

Harapan publik sepak bola di tanah air sebenarnya sempat diberikan kepada Timnas Yordania yang bertanding menghadapi Bahrain pada laga terakhir Grup E, beberapa jam sebelum duel Kirgistan vs Oman digelar.

Jika Yordania bisa mengalahkan bahran dengan skor 2-0 atau margin 3 gol atau lebih, maka Indonesia dipastikan lolos ke 16 besar Piala Asia 2023 sebagai salah satu tim peringkat ketiga terbaik.

Baca Juga : 2 Pemain Persib Terancam Absen saat Lawan Persis Solo, Bojan Hodak Jelaskan Situasinya


Yuk gabung channel whatsapp REPUBLIKBOBOTOH.COM untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Persib, Bobotoh, Liga 1, dan ragam berita menarik lainnya seputar Bandung Raya. Klik di sini (JOIN)


Tetapi harapan itu seolah sirna karena Yordania yang di atas kertas diprediksi bisa mengalahkan Bahrain justru menyerah dengan skor 0-1.

Namun kekalahan Yordania dari Bahrain sempat menimbulkan rasa kesal di benak publik sepak bola Indonesia. Bahkan sejumlah media curiga Yordania sengaja 'mengalah' demi menghindari Jepang di 16 besar.

Sebab juara Grup E di babak 16 besar akan jumpa runner up Grup D yang ditempati Jepang, yang digadang-gadang sebagai tim Asia terbaik saat ini.

Meski sempat dipermalukan Irak pada matchday kedua Grup D dengan skor 1-2, tetapi Timnas Jepang tetap saja ditakuti oleh negara lain karena secara kualitas tim maupun individual memang bisa dikatakan paling menakutkan di Piala Asia 2023.

Baca Juga : Bojan Hodak Ungkap Masalah Persib yang Masih Perlu Dibenahi Jelang Laga Kontra Persis Solo

Bukan hanya Yordania, Timnas Korea Selatan pun dituding bersikap sama yakni melepas laga terakhir kontra Malaysia. Hasil imbang 3-3 lawan Malaysia membuat Korsel terhindar dari bentrok lawan Jepang setelah Taeguk Warriors menempati posisi kedua klasemen akhir Grup E.

Bahrain sendiri akhirnya jadi 'tumbal' Yordania dan Korsel di tengah euforia kemenangan mereka di laga terakhir Grup E yang ditentukan gol eks striker Persija Jakarta, Yusuf Helal.

Sebagai juara Grup E, Bahrain yang dihancurkan Korsel 1-3 di laga pertama, harus menerima kenyataan jumpa Jepang pada babak 16 besar Piala Asia 2023.

Sementara itu Yordania sendiri akan menghadapi Irak di 16 besar, dan Korsel jumpa Arab Saudi. Sedangkan Indonesia menghadapi Australia pada Minggu 28 Januari 2024**

TONTON VIDEONYA DI YOUTUBE RBCOM TV

Follow Berita Republik Bobotoh di Google News

Penulis: Tim Republik Bobotoh | Editor: Daddy

Piksi

Berita Terkini