Jupe Bakal Punya 2 Pilihan, Jadi Asisten Pelatih atau Head Coach

Jupe Bakal Punya 2 Pilihan, Jadi Asisten Pelatih atau Head Coach Achmad Jufriyanto. (Adam Husein/Republik Bobotoh)

REPUBLIKBOBOTOH.COM - Bek veteran Persib Bandung, Achmad Jufriyanto, rupanya kian serius menyiapkan masa 'pensiun' sebagai pesepakbola dengan meningkatkan grade sertifikat kepelatihan.

Pemain yang akrab disapa Jupe tersebut, dalam waktu dekat akan mengukuti program lisensi kepelatihan AFC B yang artinya jika lulus, berkesempatan meniti karier sebagai asisten pelatih di klub Liga 1 atau menjadi pelatih kepala klub Liga 2.

Sebagai pemain, Jupe saat ini bisa dikatakan sudah masuk dalam masa senja karier. Karenanya tidak mengherankan jika dirinya sejak jauh hari sudah menyiapkan 'bekal' untuk melanjutkan karier di sepak bola sebagai pelatih.

Kursus kepelatihan yang akan dijalani Jupe rencananya dilaksanakan di Sentul, Bogor pada 25 Februari sampai 10 Maret 2024 mendatang. "Lisensi B AFC. Rencana 25 Februari sampai 10 Maret di Sentul, Bogor," jelas Jupe.

Baca Juga : Persib Garang di Kandang Lawan, Luizinho Passos: Karena Pemain Memiliki Karakter yang Bagus


Yuk gabung channel whatsapp REPUBLIKBOBOTOH.COM untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Persib, Bobotoh, Liga 1, dan ragam berita menarik lainnya seputar Bandung Raya. Klik di sini (JOIN)


Jupe mengaku, tidak melakukan persiapan khusus untuk melakoni kursus kepelatihan lisensi B AFC. Yang jelas dia bersyukur mendapat dukungan penuh dari pelatih dan klub.

"Gak ada mang, cuma mempersiapkan diri aja, kebetulan udh punya C, begitupun pelatih dan klub mengizinkan untuk saya ikut ambil bagian," kata Jupe.

"Kurang tau pastinya, tapi ada beberapa kayanya nanti pas di sana mungkin lebih pasti siapa-siapanya. Minta doanya aja, semoga di lancarkan dan dimudahkan segala sesuatunya," ujarnya menambahkan.

Pelatih Bojan Hodak bahkan, menyampaikan isyarat jika Jupe kelak berpeluang menempati kursi asisten pelatih di Persib.

Baca Juga : Pesan Bojan Hodak kepada Pemain Persib yang Minim Menit Bermain

"Saya pikir ini bagus untuk merencanakan masa depannya, setelah dia kembali maka biasanya akan menjadi bagian dari tim," jelas Bojan Hodak, Rabu 21 Februari 2024.

Jupe sendiri harus mengorbankan kesempatan membela Persib dalam beberapa laga yang dilakoni Maung Bandung, karena dipastikan absen selama dua pekan untuk mengikuti kursus kepelatihan lisensi B AFC.

Selama ini, Jupe selalu dilibatkan Bojan Hodak dalam setiap pertandingan, meski sangat jarang dimainkan. Dilibatkannya Jupe dalam setiap laga lebih karena alasan untuk memotivasi rekan-rekannya di tim.**

TONTON VIDEONYA DI YOUTUBE RBCOM TV

Follow Berita Republik Bobotoh di Google News

Penulis: Tim Republik Bobotoh | Editor: M Taufik

Piksi

Berita Terkini